**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 16 Maret 2014

Waspada Slamet, Kwarcab Siagakan Ubaloka



SLAWI – Meningkatnya aktifitas Gunung Slamet yang berada pada status Waspada level 2 direspon oleh Pramuka Kwarcab Tegal dengan menyiagakan Personil Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka).

Sekretaris Abdimas Humas Kwarcab Tegal, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MM mengatakan guna mengantisipasi segala kemungkinan akibat bencana yang ditimbulkan terkait  meningkatnya Status gunung Slamet, Kwarcab Tegal menyiapkan Personil Ubaloka yang siap diterjunkan sewaktu – waktu terjadi bencana Slamet.


“Kita terus memantau perkembangan status Slamet dan berkoordinasi dengan pihak terkait baik BPBD, PMI maupun tim SAR Gallawi,” katanya belum lama ini.

Dikatakannya, sejumlah personil SAR Pramuka yakni Ubaloka tetap bersiaga dan siap meluncur ke daerah rawan terdampak bencana Gunung Slamet yang berada di wilayah Bojong dan Bumijawa.

"Saat ini kami sudah siaga dan siap meluncur jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk proses evakuasi," ujarnya.

Andalan Cabang urusan Abdimas, Slamet Sugiarto menambahkan, untuk sementara ini, anggota Ubaloka yang beranggotakan sebanyak 20 orang siaga dan stanby di Sanggar Pramuka Kwarcab.

"
Mereka telah dilatih dengan kemampuan SAR. Pengalaman mereka antara lain adalah saat bertugas membantu evakuasi meletusnya Gunung Merapi. Oleh karena itu, kami juga telah siap membantu proses avakuasi terkait dengan meningkatnya status Gunung Slamet ini," Pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar