**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 21 Januari 2014

Lomba dan Temu Karya Pramuka Penggalang II

SLAWI – Sedikitnya 10 pangkalan Gugusdepan (Gudep) Penggalang SMP/MTs se Kabupaten Tegal mengikuti Lomba dan Temu Karya Pramuka Penggalang, Pertanian Teknologi dan Adventure (LTKPP-PTA) II. Kegiatan digelar dalam rangka HUT ke – 45 SMK Negeri 2 Slawi, Minggu (19/1).

Kepala SMK Negeri 2 Slawi, Drs Parman melalui Wakasek Kesiswaan, Heri Winarto mengatakan LTKP merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri Pramuka dan sebagai ajang lomba kreatifitas Pramuka khususnya golongan Penggalang.

“LTKP diikuti 10 pangkalan SMP. Moment ini juga sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar sesama Pramuka,” katanya disela kegiatan kemarin

Selain itu, kata Heri, LTKP juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan parameter pembinaan Pramuka di pangkalan Penggalang.

“Harapannya kegiatan Pramuka di Kab. Tegal, bisa lebih maju dan meningkat,” cetusnya

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR saat membuka kegiatan menyampaikan apresiasi atas upaya pihak SMK Negeri 2 Slawi yang telah menggagas kegiatan positif bagi pembinaan generasi muda khususnya Pramuka Penggalang melalui ajang LTKP.

Menurut dr Joko yang juga menjabat Direktur RSUD Slawi, kegiatan LTKP yang dikemas dalam perlombaan bukanlah tujuan, tetapi alat untuk mencapai tujuan. Yakni untuk mewujudkan kemampuan fisik, pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan pribadi, tanggung jawab dan sikap mental yang semakin mantap bagi Pramuka.

“Ini juga sebagai jawaban bahwa Pramuka tidak hanya pandai berkemah, bernyanyi dan menghabiskan uang saja. Namun ada kegiatan inovatif didalamnya yang mengandung nilai pendidikan,” tandasnya

Dalam kesempatan itu, dr juga berpesan kepada peserta kegiatan untuk tetap mengedepankan sportifitas, menjunjung tinggi rasa persahabatan dan persaudaraan, sebagaimana Trisatya dan Dasadharma Pramuka yang menjadi pedoman anggota Pramuka.

“Jaga sportifitas dan junjung tinggi persaudaraan pramuka,” pungkasnya.

Beragam kegiatan yang disajikan dalam LTKP PTA II yakni lomba poster, Karya Tulis Ilmiah (KTI), lomba PBB Variasi, Lomba Adventure Pertanian, Paduan Suara, LCT Pramuka dan lomba memasak jajanan khas tegalan. (Admin/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar