**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 04 Januari 2014

21 Pembina Lulus KML



SLAWI – Sebanyak 21 Pembina Gudep dari berbagai golongan dinyatakan lulus mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang digelar Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) ‘Dewaruci’ Kwartir Cabang Tegal selama sepekan di SMP Negeri 3 Pangkah.

Kepala Pusdiklatcab, H Nahrawi melalui Pimpinan Kursus (Pinsus), Farid Zakaria S.Pd mengatakan dari jumlah peserta 21 orang pembina, seluruh peserta dinyatakan berhasil lulus seluruhnya.

"Antusiasme peserta sangat baik dan penuh semangat, dan semua peserta dinyatakan lulus,” jelasnya.

Farid menegaskan, pasca mengikuti KML, ke 21 pembina tersebut diharuskan mengembangkan ilmu yang diperoleh di Gugusdepan (Gudep) pangkalan masing – masing selama minimal 6 bulan yang selanjutnya dibuatkan laporan Narakarya II.

“Narakarya II ini sebagai syarat bagi 21 Pembina yang terdiri dari 2 golongan Siaga (SD), 12 golongan Penggalang (SD/SMP) dan 7 orang golongan penegak untuk mendapatkan sertfikat KML dan selendang mahir,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Kwarcab, R Sopan Effendi S.Pd yang mewakili Ketua Kwarcab Tegal saat menutup kegiatan mengatakan, pendidikan Kepramukaan dinilai berhasil apabila peserta didik menyenangi dan menikmati materi pendidikan yang dikemas sesuai dengan tuntutan kaum muda yang mendambakan sesuatu yang menarik, menantang dan bermanfaat.

“Pembentukan suasana tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi para pembina Pramuka, sehingga harus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dengan mengikuti kursus-kursus, karang pamitran, gelang ajar dan sebagainya,” pesan Sopan.

Oleh karena itu, kata Sopan, penyelenggaraan KML bukanlah kegiatan mengada – ada, tetapi merupakan kegiatan yang diprogramkan dan mempunyai tujuan yang jelas.

“Yakni menggunakan silabus yang diatur dengan Surat Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka,” cetusnya.

Dirinya berharap, peserta kursus dapat menerapkan dan mengembangkan materi yang diperoleh dengan tetap berpegangan pada aturan yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, sehingga daya dan dana yang dikeluarkan, mengorbankan waktu libur untuk mengikuti kursus, akan benar-benar mendapat ilmu dan pengalaman yang diharapkan dapat bermanfaat.

"Semoga ilmu yang diperolah dapat diaplikasikan di Gudep masing-masing, sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan Pramuka," harapnya

Dalam kesempatan itu, juga diberikan kenang – kenangan kepada SMP Negeri 3 Pangkah sebagai tempat kegiatan yang diserahkan Kepala Pusdiklatcab, H Nahrawi kepada Pembina Pramuka setempat, Sobri S.Ag. Turut hadir anggota Mabicab, dr H Bimo Bayuadji, Waka Kwarcab Bid. Organisasi Hukum, Drs Agus Subagyo MM dan sejumlah tim pelatih Cabang.

Sebelumnya Kursus Mahir Lanjutan (KML) digelar sejak Minggu (29/12) dan berakhir Jum'at (3/1). (Admin/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar