**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 30 Januari 2014

BLH Kabupaten Tegal dan Kwarcab Sosialisasikan Saka Kalpataru



SLAWI – Keberadaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) bidang Lingkungan Hidup yang diberi nama Saka Kalpataru di Kabupaten Tegal mulai disosialisasikan oleh instansi pengampunya yakni Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Sosialisasi diikuti oleh pembina Gudep tingkat SLTA di Kecamatan Slawi dan perwakilan pengurus Kwarran Pramuka se Kabupaten Tegal, di ruang pertemuan DPPKAD, Selasa (28/1).

Sosialisasi dibuka Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR dan dihadiri Kepala BLH, Drs Agus Subagyo MM, Sekretaris BLH, Edi Buntoro SH, Waka Kwarcab Bidang Binamuda, Sonhaji S.Pd dan segenap anggota Mabisaka Kalpataru.

Menurut Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR, keberadaan Saka Kalpataru  untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

“Saka juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga memberi bekal kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan nasional dan peningkatan ketahanan nasional,” katanya

Saka yang bergerak dibidang lingkungan hidup itu, kata dr Joko, bermula dari kesepakatan bersama antara menteri negara lingkungan hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor : 17/menlh/11/2011 dan nomor : 014/pk-mou /11/2011 serta uu no. 32 tentang pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Dan saat ini Saka Kalpataru sudah disahkan pada Munas Pramuka 2013 lalu di Kupang, NTT dengan Keputusan Munas Nomor 13/Munas/2013,” paparnya

Dr Djoko yang juga Direktur RSUD berharap, keberadaan Saka Kalpataru khususnya di Kabupaten Tegal akan eksis dan mampu memberikan warna dalam pembinaan kaum muda Indonesia. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam bidang pelestarian lingkungan hidup.

“Mudah-mudahan Saka Kalpataru ini bisa punya program unggulan sesuai dengan krida yang ada, misalnya adanya Bank Sampah dan sebagainya,” harapnya

Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Tegal, Drs H Agus Subagyo MM selaku Ketua Mabisaka menuturkan, kedepan Saka Kalpataru akan dibentuk dibeberapa Kwartir Ranting dan sekolah tingkat SLTA di Kabupaten Tegal.

“Pada tahap awal kita bentuk Pinsaka Cabang, ditingkat Kwarran dan pangkalan SLTA di wilayah Slawi,” jelasnya.

Pasca sosialisasi, sambung Agus, pihaknya berencana menggelar perekrutan dan pelantikan anggota Saka Kalpataru secara massal dari anggota Pramuka Penegak atau setara SLTA.

“Kita rencana pelantikan anggota sekitar akhir Februari ini di WKJ Kalibakung,” pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar