**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 03 Januari 2014

LKBB Media Mengembangkan Kepemimpinan



SLAWI – Dalam rangka memberikan wadah pembinaan Pramuka Penegak dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan dan ketrampilannya, Kwartir Cabang Tegal melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) menggelar ajang bergengsi yang bertajuk Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan dihelat di Gedung Indoor GOR Trisanja Slawi, Minggu (29/12) lalu.

Menurut Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Sonhaji S.Pd saat membuka kegiatan, LKBB merupakan salah satu media yang strategis bagi generasi muda dalam mengembangkan kepemimpinan dan kerjasama, sekaligus memperluas wawasan anggota muda Pramuka khususnya usia Penegak / Pandega.

“Selain dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, LKBB menjadi salah satu media yang tepat untuk melatih kepemimpinan peserta didik,” katanya mewakili Ketua Kwarcab Tegal.

Dirinya berharap, para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus, pembina Gugusdepan (Gudep) dan stakholder terkait senantiasa terus memfasilitasi, mendukung dan membantu keberlangsungan pembinaan generasi muda melalui Pramuka, sehingga revitalisasi Gerakan Pramuka seperti yang telah dicanangkan Presiden RI pada tahun 2006 lalu dapat tercapai dan berhasil.

“Saya yakin revitalisasi Gerakan Pramuka tidak akan berhasil tanpa kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas, serta dukungan seluruh masyarakat dan komponen bangsa ini,” tandasnya.

Pengurus DKC Tegal, M Oki Mualimin yang juga Panitia kegiatan menjelaskan ajang LKBB menitikberatkan pada penanaman kedisiplinan dan jiwa sportifitas Pramuka Penegak dalam upaya pengamalan Satya dan Dharma Pramuka. Selain itu juga untuk meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam bidang Baris Berbaris (PBB).

“LKBB diikuti oleh 20 kelompok dari pangkalan SMA/SMK dan MA se Kabupaten Tegal. Dimana tiap kelompok beranggotakan 19 orang yang terdiri dari 1 pemimpin barisan dan 18 anggota Penegak putra dan putri,” jelasnya kemarin.

Oki melanjutkan, materi penilaian terdiri beberapa aspek diantaranya gerakan meliputi gerakan dasar ditempat, berjalan dan perubahan arah; unsur kerapihan dan disiplin dan pemimpin barisan.

“Ini kali pertama digelar oleh Kwartir Cabang Tegal melalui Dewan Kerja dan kita rencanakan digelar rutin pada tahun mendatang. Dan untuk Dewan Juri sengaja kita datangkan langsung dari Kodim dan Lanal Tegal,” imbuhnya

Dari ajang tersebut berhasil tampil sebagai kontingen tergiat yakni tergiat I SMA Negeri 3 Slawi, tergiat II SMK N 1 Adiwerna dan tergiat III SMA Negeri 2 Slawi. Sedangkan tergiat harapan masing – masing SMA Negeri 1 Slawi sebagai tergiat harapan I, harapan 2 SMA N 1 Balapulang dan SMA N 1 Dukuhwaru sebagai harapan III.

“Untuk Best Performance dan Pemimpin barisan terbaik diraih kontingen SMA Negeri 2 Slawi,” pungkasnya.
 
Kegiatan LKBB berlangsung meriah, hal terlihat dari beberapa kontingen yang membawa suporter guna memberikan dukungan dan yel – yel penyemangat dalam perlombaan. Turut hadir Waka Kwarcab Bidang Organisasi Hukum, Drs Agus Subagyo MM, Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd, Pengurus DKC, Ubaloka dan ratusan Pramuka Penegak.(Admin/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar