**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 12 November 2013

Pramuka Teruji Membentuk Karakter Pemuda

DUKUHTURI - Camat Dukuhturi, Eliya Hidayah S.IP mengaku prihatin dengan kondisi generasi muda saat ini, dimana pergaulan bebas telah menjangkiti sebagian dari pemuda sekarang.

“Krisis identitas sebagai bangsa juga telah menjangkiti pemuda kita, ini masalah yang harus kita pecahkan bersama oleh semua komponen bangsa,” kata Eliya yang juga Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Dukuhturi saat Jambore Ranting Dukuhturi belum lama ini.

Namun demikian, kata Eliya, dirinya merasa bersyukur dengan masih eksisnya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang telah teruji dalam membentuk karakter pemuda sebagai harapan bangsa.

“Salah satu eksistensi Pramuka yakni dengan kegiatan Jambore ini. Dimana dengan Jambore ini sebagai media melahirkan menjadi generasi emas yang akan menjaga keutuhan NKRI,” tandasnya.

Disisi lain Kepala UPTD Dikpora Dukuhturi, Wardi S.Pd menuturkan, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan jajaran Dinas Dikpora terhadap perkembangan Gerakan Pramuka di wilayah Kecamatan Dukuhturi. Dirinya mengaku tak segan segan memberikan sangsi kepada Kepala Sekolah diwilayah binaanya yang tidak mendukung perkembangan Gerakan Pramuka.

“Pramuka merupakan satu satunya organisasi yang sampai dengan detik ini tetap konsisten terhadap nilai nilai karakter bangsa, sehingga kita sebagai stakeholder wajib untuk mendukungnya,” tegasnya

Dalam kesempatan itu, Wardi juga menyampaikan apresiasi atas digelarnya Jambore Penggalang tingkat Kwarran Dukuhturi yang mendapat respon dan antusias dari semua Gugusdepan.

“Kita semua bersyukur karena Ketua Mabigus diwilayah Dukuhturi ternyata sangat antusias, inilah buktinya kita mampu menyelenggarakan Jamran dalam waktu singkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarran Dukuhturi, Dakhrun S.Pd melalui Ketua Panitia Jamran, Suci Utami S.Pd menjelaskan kegiatan Jambore Ranting Dukuhturi digelar pasca dilantiknya pengurus baru Kwarran Dukuhturi masa bakti 2013 – 2016. Dimana Jamran berlangsung selama 3 hari yakni sejak Jum’at (8/11) hingga Minggu (10/11) dilapangan Desa Pagongan Kecamatan Dukuhturi.

“Kegiatan diikuti oleh seluruh pangkalan Gudep SD/MI dan SMP/MTs di wilayah Kwartir Ranting Dukuhturi,” ujarnya kemarin

Menurut Suci, jambore pramuka dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi anggota pramuka khususnya penggalang. Jambore juga sebagai sarana pembentukan karakter dikalangan peserta didik.

“Ada pengetahuan ketertiban lalu lintas dari Polsek Dukuhturi, Wawasan Kebangsaan dari Koramil Dukuhturi, Sosialisasi UU Nomor 12 tahun 2010 oleh Kwarcab dan lainnya,” imbuhnya

Dari hasil kegiatan Jambore pangkalan Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi berhasil meraih Juara Umum dan memboyong 7 Tropi sekaligus, disusul Gudep SMP N 2 Dukuhturi sebagai juara umum ke 2 dan sebagai juara umum ke tiga diraih oleh Gudep SMP NU 02 Dukuhturi. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar