**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 14 November 2013

Pramuka STURI Sarat Prestasi



DUKUHTURI – Pramuka Pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP Negeri 1 Dukuhturi yang lebih akrab dengan sebutan Pramuka Sturi sarat dengan prestasi. Betapa tidak, pasukan penggalang khusus pangkalan setempat yang tergabung dalam “PASGABIRAWA” (Pasukan Penggalang Birawa) yang artinya Pasukan penggalang hebat/handal terbukti mampu menunjukan kehandalannya sebagai pasukan Elit Pramuka SMP N 1 Dukuhturi.

Ketua Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi, Iman Hadi Purwono mengatakan anak didiknya yang tergabung dalam pasukan khusus pramuka “Pasgabirawa” dalam kurun waktu 3 bulan terakhir telah mengikuti 3 even Jambore dalam waktu yang berdekatan dan mampu menorehkan prestasi.

“Pada 19-22 September 2013 adik – adik baru saja mengikuti Jambore Cabang dan Alhamdulillah berhasil membawa pulang Tropy juara III kategori Yel-yel,” ujarnya kemarin.

Berlanjut satu bulan berikutnya, kata Iman, yakni pada 28-31 Oktober 2013 pangkalan Gudepnya terpilih menjadi duta Kabupaten Tegal untuk mengikuti even tingkat Provinsi Jawa Tengah yaitu Jambore Nasionalisme dan Karakter Bangsa di Yonif 413 Bremoro, Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.

“Prestasi kembali ditorehkan, syukur ahamdulillah pada ajang propinsi ini kita mampu menggondol Juara III tingkat provinsi untuk kategori K3 Pertendaan,” ungkapnya berseri seri

Iman melanjutkan, selang satu minggu kemudian, yakni tepatnya pada 8-10 November 2013 pasukan elit “Pasgabirawa” Gudep SMP 1 Dukuhturi kembali berlaga di arena Jambore Penggalang tingkat Kwarran Dukuhturi. Dan tidak tanggung tanggung, pada event Kecamatan tersebut, berhasil menyapu bersih tropy kejuaraan tergiat 1 dengan total sebanyak 7 tropi sehingga berhak menyandang Predikat Juara Umum.

“Pada Jamran kita berhasil menyapu berhasil tropi seluruh kejuaraan, yakni juara 1 Lomba penyajian PKK, Juara 1 Lomba Karnaval, Juara 1 Lomba Pentas Seni, Juara 1 Lomba Pertendaan putra, juara 1 Lomba pertendaan Putri, Juara 1 Tergiat Putra, juara 1 Tergiat Putri,” paparnya

Terpisah, Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Drs. Alfatah M.Pd yang nota bene juga aktifis Pramuka mengaku bangga dengan prestasi yang telah di raih anak didiknya Gudep Pangkalan SMP N 1 Dukuhturi secara berturut – turut.

“Kami selaku Ketua Mabigus selalu mendorong anak anak kami agar berprestasi, kami selalu tanamkan kemandirian dan survive sebagaimana Pramuka telah mengajarkan pada kita,” katanya saat penyerahan tropi kejuaraan pada upacara sederhana di sekolah setempat.

Dirinya berharap, melalui pendidikan Kepramuka akan lahir pemimpin pemimpin yang handal dan militan di kelak kemudian hari.

Atas prestasi yang ditorehkan siswanya, pihaknya juga mem memberikan beasiswa kepada anggota Penggalang yang tergabung dalam regu yang telah menjadi duta dan mengharumkan nama sekolah. (s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar