**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 19 November 2013

Pramuka SMP 2 Adiwerna Sambangi TMP Pura Kusuma Persada



SLAWI – Sedikitnya 50 Pramuka Penggalang Gugusdepan (Gudep) pangkalan SMP Negeri 2 Adiwerna menyambangi Taman Makam Pahlawan (TMP) “Pura Kusuma Persada” Kabupaten Tegal yang berlokasi di Desa Kajen, Kecamatan Lebaksiu. Uniknya, kegiatan tersebut yang dilakukan dengan bersepeda ria sesama penggalang yang dipimpin pembina Pramuka dan mengambil start dari pangkalan sekolah setempat, Minggu (17/11) belum lama ini.


Pembina Gudep SMP Negeri 2 Adiwerna, Suharjo S.Pd mengatakan kegiatan yang dikemas dalam Speduna Scout Rally (SSR) bertujuan membina dan mengembangkan persaudaraan dan menumbuhkan hidup sehat dengan berolahraga dikalangan pramuka penggalang khususnya di SMP Negeri 2 Adiwerna.

Kegiatan ini adalah tahun kedua. Mudah-mudahan dengan bersepeda ria, kesehatan kita akan tetap terjaga,katanya kemarin.

Kegiatan SSR tersebut, kata Suharjo, juga sekaligus dalam rangka memperingati hari Pahlawan tahun 2013 dan mengenalkan kepada adik – adik penggalang tentang tempat - tempat penting di Kabupaten Tegal.

Sengaja pada tahun ini (2013) kita kunjungi TMP Kabupaten Tegal. Ini dimaksudkan agar adik – adik penggalang sebagai generasi muda bisa mengambil teladan dari para pejuang, sehingga diharapkan dapat meneruskan perjuangan beliau yang telah gugur,” ujarnya.

Suharjo menuturkan, sesampainya dilokasi TMP, dilakukan ziarah dan tabur bungan di atas makam pahlawan nasional yaitu Bapak Waid, anggota Veteran Pejuang PKRI.

“Dilokasi TMP, kita juga mendoakan beliau almarhum Bapak Waid, salah satu pejuang dari Kabupaten Tegal,” ungkapnya.

Ditambahkan Suharjo, tujuan lain dari kegiatan SSR ini juga sebagai syarat untuk menempuh Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu pengendara sepeda bagi penggalang rakit yang merupakan salah satu kecakapan khusus dalam Pramuka.

“SSR ini juga kami rancang sebagai syarat untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) pengendara sepeda,” tandasnya. (Admin/HS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar