**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 12 November 2013

Penegak Tegal Ikuti Jelajah Rute Juang Pangsar Sudirman



SLAWI - Sebanyak 10 anggota Pramuka Penegak Pandega dari Kwarcab Tegal mengikuti jelajah rute juang Panglima Besar (Pangsar) Sudirman yang digelar di wilayah Kabupaten Wonogiri, Jum’at (8/11) hingga Minggu (10/11) lalu. Mereka bergabung dengan peserta lain dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Kegiatan yang bertajuk jelajah rute juang ‘Yudha Prawira Kuswa’ itu mengambil rute perjuangan Pangsar Jendral Soedirman di wilayah Wonogiri dengan mengambil start dari Museum Karst di Pracimantoro, Eromoko dan finis di Wonogiri Kota.

Ketua Kwarcab Tegal melalui stafnya Iman Novendri mengatakan jelajah rute juang Pangsar Sudirman merupakan wahana pendidikan bela negara dan rasa nasionalisme bagi anak dan pemuda dalam wadah Gerakan Pramuka khususnya Pramuka Penegak Pandega.

“Bentuk kegiatan jelajah rute Pangsar ini adalah penjelajahan dan semi survival. Tujuanya sebagai media berkegiatan bersama dan penghayatan perjuangan para pahlawan kemerdekaan,” katanya kemarin

Kegiatan tersebut, lanjut Iman, juga dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi kaum muda dalam mengaktualisasikan dirinya agar mampu mempunyai sikap mental, kepercayaan diri dan jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Ini juga sebagai wujud pendidikan karakter pada kaum muda Pramuka,” tandasnya.

Anggota Ubaloka Tegal yang menjadi salah satu peserta, Solikhun menuturkan rute yang ditempuh merupakan rute perjuangan yang dilalui panglima besar Sudirman diwilayah Wonogiri dengan menempuh jarak sekitar 60 km.

“Medannya cukup lumayan, tapi alhamdulilah kita mampu melaluinya hingga finish,” ceritanya

Dia menceritakan, ada pengalaman tersendiri dari kegiatan napak tilas perjuangan tersebut yakni penghayatan nilai kejuangan dari seorang Pangsar Sudirman kala itu.

“Meski terasa cape, tapi cukup bangga bisa mengikuti kegiatan ini. Ada penghayatan nilai juangnya,” ungkapnya

Dalam kegiatan jelajah tersebut, Kwarcab Tegal mengirimkan 1 tim putra dan 1 tim putri yang masing berjumlah 5 orang dari Unsur Dewan Kerja dan anggota Ubaloka. (s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar