**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 05 November 2013

Duta Jambore Nasionalisme Raih Tropi Tergiat III Jateng



SLAWI – Prestasi ditorehkan oleh SMP Negeri 1 Dukuhturi yang menjadi wakil Kabupaten Tegal pada Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa tingkat Jawa Tengah yang digelar pada 29 – 31 Oktober lalu di Mayonif 413 Bremoro, Kabupaten Sukoharjo.

Dalam ajang tersebut, meski dengan persaingan yang begitu ketat akhirnya Duta Kabupaten Tegal dari SMP Negeri 1 Dukuhturi mampu meraih juara III kategori Pertendaan pada Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan berhak atas tropi kejuaraan dan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta.

Kepala SMP 1 Dukuhturi, Drs Al Fatah MPd mengatakan kegiatan Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa merupakan kegiatan yang sangat positif guna memupuk jiwa nasionalisme sehingga krisis identitas sebagai bangsa akan dapat teratasi dan kelak akan lahir pemimpin pemimpin bangsa yang berwawasan dan berkarakter Indonesia.

“Kegiatan ini sangat positif untuk memupuk jiwa nasionalisme siswa,” katanya kemarin.

Menurut Fatah, terpilihnya SMP Negeri 1 Dukuhturi menjadi Duta Jambore Nasinalisme Karakter Bangsa di Yonif 413 Bremoro ini, karena sekolah yang dipimpinnya telah meraih predikat Juara 1 Lomba Sekolah berkarakter yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

“Kita bersyukur dapat kesempatan mengikuti kegiatan ini, sehingga kami berusaha secara maksimal untuk dapat menyumbangkan yang terbaik buat Kabupaten Tegal,” ungkapnya

Terpisah Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (PORA) Dinas Dikpora Kabupaten Tegal, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MPd menjelaskan Jambore Nasionalisme Karakter Bangsa merupakan bentuk aksi daerah pada pembinaan nasionalisme melalui jalur pendidikan yang diprakarsai oleh Kodam IV Diponegoro bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah.

“Kegiatan diikuti oleh kontingan dari 35 Kabupaten/Kota se Propinsi Jateng. Untuk Kab. Tegal diwakili oleh Kontingen SMP 1 Dukuhturi dan SMA 3 Slawi,” jelasnya

Dikatakan Teguh, kegiatan ini bertujuan sebagai media aktualisasi Program Pembinaan Nasionalisme Karakter Bangsa melalui jalur pendidikan serta menanamkan Nilai nilai Nasionalisme dan karakter bangsa kepada peserta didik di Jawa Tengah.

“Dalam kegiatan tersebut peserta dibekali wawasan kebangsaan yang meliputi 5 Pilar kebangsaan yaitu : Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan Bendera Merah Putih,” paparnya

Teguh yang tercatat sebagai Pengurus Kwarcab menambahkan, bentuk kegiatan jambore dikategorikan menjadi dua bagian kegiatan bersifat Lomba dan Non Lomba. Kegatan Lomba meliputi : Orasi Kebangsaan, Safari 5 pilar, Pertendaan, Seni Tradisional Jawa Tengah. Sedangkan non Lomba meliputi Jumpa Tokoh Perjuangan, Ceramah 5 Pilar kebangsaan, permainan tradisional, bhakti sosial dll.

“Saya menyampaikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan oleh Kontingen Kabupaten Tegal. Bahkan menurut informasi, penampilan calung SMP 1 Dukuhturi mampu menghipnotis peserta dan panitia disana,” pungkasnya. (s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar