**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 13 Juni 2013

Pemkab Sosialisasikan UU Pramuka dan Pemuda



SLAWI - Dalam upaya peningkatan kualitas SDM utamanya dalam pembentukan karakter pemuda  bangsa, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bagian Kemasyarakatan Setda menyelenggarakan sosialisasi UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan UU Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan sebagai dasar kegiatan - kegiatan pemuda, Rabu (12/6).

Dalam kegiatan yang digelar di Aula SMK Negeri 1 Slawi tersebut, Bagian Kemasyarakatan menggandeng sejumlah organisasi yakni Kwarcab Pramuka, KNPI, Karang Taruna dan ormas pemuda lainnya.

Menurut Kepala Bagian Kemasyarakatan Setda Pemkab Tegal, Masduki S.Sos selaku panitia penyelenggara,  sasaran kegiatan adalah para pemuda. Karena mereka adalah orang – orang yang akan menjadikan Indonesia lebih baik.

“Kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dengan rincian anggota Pramuka sebanyak 70 orang, KNPI sebanyak 65 orang, Karang Taruna dan organisasi pemuda lainnya sebanyak 65 orang,” katanya.

Asisten Administrasi Umum Sekda, Prasetiawan SH MHum yang mewakili Plt Bupati Tegal, Drs. Haron Bagas Prakosa M.Hum saat membuka acara mengatakan pembinaan kader bangsa sejak dini perlu untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin bangsa.  Karena dalam era globalisasi seperti sekarang ini banyak pengaruh luar yang belum tentu cocok bagi penduduk Indonesia.

“Utamanya bagi masyarakat yang minim pengetahuannya, maka diperlukan komitmen yang kuat sebagaimana isi Proklamasi tahun 1945,” ujar Prasetiawan

Menurut Prasetiawan, kegiatan ini sangat tepat untuk menciptakan pemuda – pemuda yang berkarakter, berjiwa besar, inovatif, kreatif, dan berguna bagi bangsa dan Negara.

Kami berharap agar para pemuda memiliki tanggung jawab besar terhadap bangsa dan Negara sehingga mampu menghadapi segala permasalahan yang ada,” imbuhnya
.
Acara yang dimoderatori oleh Tri Wiharjo, SH tersebut disampaikan beberapa materi oleh para narasumber antara lain Peran Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda oleh Dandim 0712 / Tegal, Letkol Jefson Marisano, Urgensi UU Kepemudaan dalam Dinamika Sosial dan Pembangunan oleh Dosen FISIP Undip Semarang, Moh.Yulianto S.Sos M.Si, Implementasi UU Gerakan Pramuka terhadap pendidikan kepramukaan dan karakter bangsa oleh Ketua Kwarda Jateng Prof Slamet Budi Prayitno MSc dan Peran Pemuda dalam pembangunan Daerah Wakil Ketua DPD KNPI Kabupaten Tegal, Drs H Imam Masykur MSI. Turut hadir Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes MMR (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar