**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 Juni 2013

Cara Unik Sosialisasikan Saka Bakti Husada

Satuan Karya Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan bagi generasi muda terutama para Anggota Pramuka . Di Kabupaten Tegal SBH telah berdiri seajak tahun 1985 yang dipelopori oleh dokter Bimo. 

Sejak itu perkembanganya mulai dirasakan hingga saat ini, SBH yang saat ini dipimpin dr Titin, tetap disosialisaikan kepada para Anggota pramuka Penegak dan Pandega melalui Pengurus SBH Ranting Kecamatan se Kabupaten Tegal melalui Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). 

Menurut Sapto Santoso, SKM, yang menjabat sebagai ketua Persami yang diselenggarakan di Wisata Kesehatan Jamu OW Kalibakung  Dia menyebutkan bahwa perkemahan diikuti oleh Instruktur SBH Puskesmas se-Kab Tegal dengan jumlah peserta sebayak 350 orang. Instruktur SBH adalah petugas Kesehatan (Puskesmas) yang bertugas membina anggota Pramuka di Gudep /Pangkalan Pramuka Penegak/Pandega. Instruktur SBH  Puskesmas terdiri dari  Bidan, Perawat, Perawat gigi, Sanitarian, Nurtrisinis, Sanitarian, Apoteker/Asisten Apoteker dan  Promkes Puskesmas. Para instruktur tersebut menguasai materi pembinaan terkait dengan 6 krida yaitu  Bina Lingkungan Sehat, Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi. Krida Bina Obat.dan Krida Bina Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) demikian dr Titin menambahkan. Tugas peserta Persami setelah pulang di ranting adalah rekrutmen anggota dengan cara sosialisasi ke gudep dan saka territorial dimasing-masing Puskesmas. 

Menurut Ka Kwarcab Tegal dr Widodo Joko Mulyono, yang lebih menarik dalam penyelenggaraan ini adalah dilaksanakan di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) sehingga para peserta lebih mengenal langsung Krida Bina Obat khususnya TKK tanaman obat di WKJ juga disedian CafĂ© Jamu bagi  peserta Persami. Cara mensosialisasikan SBH kepada para peserta Persami dengan Cara yang unik yaitu dengan permainan cerdas cermat yang mekanisme pelaksanaanya diadopsi dari acara ranking 1 di salah satu TV Swasta sehingga para peserta yang sudah menguasai materi sesuai kridanya tidak merasa bosan tetapi malah lebih penasaran untuk mempelajari lebih lanjut. 

Pada acara Persami juga dihadiri oleh Ketua Mabi SBH dr Hendadi Setiaji, M.Kes, bahkan dia ikut bermalam dilanjutkan acara pada pagi harinya yaitu Senam Pramuka, outbond dan Pelantikan Pengurus SBH Ranting Kecamatan (Puskesmas) se Kab Tegal.
Disamping Pelantikan pada pagi harinya Minggu 16 Juni 2013 dilakukan pundi amal peserta persami yang hasilnya akan diserahkan pada yayasan  sosial disekitar Kalibakung.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar