**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 22 September 2012

Gudep SMP N 2 Adiwerna Gelar Pemilu Langsung Ketua DP


ADIWERNA – Dalam rangka melatih dan membangun pengetahuan demokrasi, Gugusdepan (Gudep) Tegal 04-135/04-136 pangkalan SMP Negeri 2 Adiwerna,  Jum’at (21/9) lalu mengadakan Pemilihan Ketua Dewan Penggalang (DP) secara langsung layaknya pemilihan umum Presiden (Pilpres), Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) ala Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Dalam poses pemilihan tersebut, terdapat Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang beranggotakan sekitar sepuluh orang dari Kelas IX. Di samping itu, sebelum proses pemilihan berlangsung, panitia terlebih dahulu mendata para pemilih tetap (DPT) dari daftar tiap kelas.

Ketua Gugusdepan (Gudep), Suharjo, S.Pd mengatakan Pemilihan Ketua Dewan Penggalang (DP) kali ini sangat berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Dimana pemilihanya persis seperti Pemilu di pemerintahan yang digelar ala Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Pemilihan kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, mulai dari penyampaian visi dan misi para calon yang telah dilaksanakan seminggu sebelumnya sampai dengan proses pencoblosannya,” ungkap Harjo

Dikatakan Suharjo, Layaknya Pemilu sesungguhnya, pemilik suara yang berjumlah 266 Penggalang tersebut melakukan pencoblosan pada bilik suara yang disediakan yakni berjumlah 3 bilik suara secara bergantian sesuai urut panggilan.

“Mereka (pemilik suara) secara bergantian dipanggil oleh petugas panitia seperti KPPS dan selanjutnya mencoblos kartu suara yang berisi foto dan nama para calon yang dicetak berwarna menyerupai pemilukada sesungguhnya,” paparnya

Suharjo yang juga menjabat Pengurus Kwarcab Tegal berharap, para penggalang dapat belajar nilai – nilai demokrasi dari pemilihan Ketua Dewan Penggalang yang digelar secara langsung seperti pemilu sebenarnya. Sehingga pada saatnya nanti sebagai Pemilih pemula sudah tahu dan paham tentang proses dan mekanisme Pemilu.

“Dengan kegiatan seperti ini, pengetahuan demokrasi para siswa khususnya Pramuka Penggalang akan semakin bertambah," tukasnya.

Dalam Pemilihan Langsung (Pilsung) Ketua Dewan Penggalang Gudep SMP N 2 Adiwerna periode 2012/2013 ada empat kandidat calon ketua yang bersaing. Mereka merupakan anggota Penggalang yang berasal kelas VIII, yakni Warnidi, Heni Putriyani, Hesti Septiana Putri ,ketiganya merupakan kelas VIII A dan Rafi Al Baihaqi dari kelas VIII G.

“Para calon diusung teman – temannya, sebelumnya ada 8 kandidat kemudian terseleksi menjadi 4 penggalang yang maju sebagai calon ketua,” ujar Dian Karlina selaku Ketua KPPS.
             
Salah satu pemilih, Nur Tuti Azizah mengaku saya sangat senang dapat mengikuti pemilihan ketua Dewan Penggalang (DP) kali ini karena suasananya dikemas seperti pemilu sesungguhnya.

“Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan teman-teman karena kami dapat merasakan serta menentukan langsung pilihan kami tanpa pengaruh orang lain dan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk kehidupan demokrasi dimasa depan,” ungkapnya
Dari 266 suara yang diperebutkan, Rafi Al Baihaqi mendapatkan 90 suara, Heni Putriyani 69 suara, Warnidi 62 suara, dan Hesti Septiana Putri 45 suara, dan tak ada satu suarapun yang rusak ini menunjukan pemahaman dari pembina tentang pentingnya menggunakan hak pilih dapat tersampaikan dengan baik.

Dari hasil tersebut, selanjutnya Rafi Al Baihaqi ditetapkan menjadi Ketua Dewan Penggalang Putra Periode 2012/2013 menggantikan Ketua sebelumnya Tri Joko Purnomo dan Heni Putriyana sebagai Ketua DP Putri menggantikan ketua DP sebelumnya Indah Nur Etika.

Dalam kesempatan ini juga dilangsungkan dilakukan serah terima tongkat kepemimpinan dari Ketua Dewan Penggalang lama periode 2011/2012 kepada Ketua Dewan Penggalang Baru periode 2012/2013 dan pengukuhan yang dipandu oleh Ketua Gudep, Suharjo, S.Pd.(Hasan).

Baca juga di : http://www.radartegal.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar