**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 10 September 2012

Ratusan Pramuka Penggalang Aksi Bersih Masjid

JATINEGARA - Ratusan Pramuka Penggalang Gudep SMP Ma'arif NU 01 Jatinegara melakukan bakti sosial berupa aksi bersih - bersih Masjid dan Mushola di Desa Lembasari Kecamatan Jatinegara. Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Gudep tersebut dihelat, Minggu (9/9).

Sebanyak 8 tempat ibadah terdiri dari 1 Masjid dan 7 Mushola menjadi sasaran Korps pelajar berbaju coklat atau Kojarsena tersebut. Sedikitnya 200 Pramuka Penggalang terlibat dalam aksi sosial tersebut. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang disebar ke Masjid dan beberapa Mushola yang masing - masing terdiri dari 15 penggalang tiap Mushola.

Kepala SMP Maarif NU 01 Jatinegara, Saeful Aziz, S.Pd.I mengatakan kegiatan bakti sosial melalui aksi bersih tempat ibadah merupakan wujud penanaman nilai Kepramukaan termasuk didalamnya nilai-nilai keagamaan.

"Aksi ini untuk melatih adik - adik Penggalang baru sebagai wujud pengamalan isi Dasadharma Pramuka," katanya.

Melalui aksi tersebut, lanjut Saeful, akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya yakni kebersihan di sekitar dilingkungan tempat - tempat Ibadah seperti Masjid dan Mushola .

"Anak - anak kami bagi menjadi beberapa kelompok untuk bersih - bersih Masjid / Mushola yang ada. Yakni antara lain mengepel lantai, menyapu, dan membersihkan sampah disekitar Masjid / Mushola," terangnya.

Aksi tersebut mendapatkan sambutan positif dari masyarakat setempat, salah satunya Dasori (50). Menurutnya apa yang dilakukan anggota Pramuka tersebut sangatlah positif karena menciptkana kebersihan dan kindahan tempat ibadah.

Bahkan Dasori berharap, apabila semua organisasi bisa melakukan hal yang sama seperti Gerakan Pramuka ini, pasti akan lebih indah lingkungan kita.

"Kegiatan ini sangat baik, jika semua organisasi melakukan hal seperti Pramuka, maka akan selalu tercipta lingkungan yang bersih dan indah," harapnya.

Sementara itu rangkaian Persami yang digelar SMP Maarif  NU 01 Jatinegara digelar selama 3 (tiga) hari yakni Jum'at, (7/9) hingga Minggu (9/9) di lapangan Sepak Bola Desa Lembasari Kecamatan Jatinegara.

Pembina  Gudep A Zuhroni, S.Pd.I melalui Pembantu Pembina Puji Aripin menjelaskan kegiatan perkemahan Pramuka Penggalang yang digelar SMP Maarif NU 01 Jatinegara tersebut berupaya mengembangkan ikatan keharmonisan hubungan keluarga Sekolah dan Masyarakat Alumni. Hal tersebut yakni dengan diadakannya silaturokhim dan reuni anggota pramuka sekolah tersebut.

"Dalam Perkemahan ini sekaligus juga digelar reuni bersama para Guru/Pembina, pramuka penggalang, Dewan Penggalang, dan Calon Pramuka penggalang Baru serta Alumni Penggalang sebagai jalinan erat ukhuwah islamiyah," katanya.

Dalam Perkemahan tersebut juga diisi dengan malam keakraban dan nonton bareng film  petualangan Pramuka yang bertitel "lima elang". (Hasan)

Baca juga di http://tegalkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar