**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 15 September 2012

24 Penggalang Raih Predikat Pramuka Garuda



SLAWI – Sebanyak 24 Pramuka Penggalang dari Gudep SMP Negeri 1 Bojong dan Gudep SMP Negeri 2 Adiwerna meraih predikat Pramuka Garuda. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi pada golongan Penggalang tersebut diberikan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal dan disematkan langsung oleh Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum selaku Ketua Harian Mabicab Tegal pada peringatan Hari Pramuka ke 51 tingkat Kwartir Cabang 11.28 Tegal yang digelar di lapangan depan Rumah Dinas Bupati Tegal,Jum’at (14/9).
Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes MMR melalui Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd mengatakan penghargaan Pramuka Garuda yang diberikan ke 24 Penggalang berdasarkan SK Kwartir Cabang 11.28 Tegal Nomor 19 Tahun 2012 tanggal 07 Agustus 2012.

“Penghargaan tertinggi Pramuka Penggalang ini diberikan kepada 24 peserta didik (Pesdik) yang terdiri dari 12 Penggalang dari pangkalan Gudep SMPN 2 Adiwerna dan 12 Penggalang Gudep SMP N 1 Bojong,” katanya kemarin.

Dari jumlah tersebut, lanjut Harjo, peraih predikat Pramuka Pramuka Garuda didominasi oleh Penggalang putri yakni berjumlah 21 anak dan sisanya diraih penggalang putra.

“Peraih penghargaan didominasi putri dengan jumlah 21 penggalang dengan rincian dari Gudep SMP Negri 1 Bojong terdiri 10 penggalang putri dan 4 penggalang putra. Sedangkan dari Gudep SMP Negeri 2 Adiwerna terdiri dari 11 penggalang putri dan 1 orang penggalang putra,” imbuhnya.

Suharjo menambahkan, sebelumnya 2 orang Penggalang Kwarcab 11.28 Tegal juga berkesempatan mengikuti ajang Pemilihan Pramuka Garuda berprestasi tingkat Kwarda 11 Jawa Tengah  tanggal 6 - 8 September 2012 di Semarang.

Salah satu penerima penghargaan, Indah Nur Etika yang juga Penggalang dari SMPN 2 Adiwerna menuturkan menyandang predikat Pramuka Garuda tidaklah mudah, namun merupakan bentuk amanah dan kepercayaan yang harus dipegang dengan tanggung jawab.

“Predikat Pramuka Garuda ini bukan semata – mata penghargaan, namun juga amanah dan tanggung. Karena sebagai Pramuka Garuda harus mampu menjadi contoh dan teladan bagi lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Indah juga menuturkan pengalamannya mengikuti kegiatan Pramuka yang menurutnya sangat menyenangkan, bisa mendapatkan pengalaman baru, dan menjadi media belajar untuk lebih disiplin dan mandiri.

“Ikut Pramuka menyenangkan, selain banyak teman juga bisa mendapatkan banyak pengalaman, belajar disiplin dan hidup mandiri,” tukasnya.

Indah bercita – cita kedepan mampu berkarya untuk negeri dan dapat mengharumkan nama Pramuka Indonesia keseluruh penjuru dunia.

“Semoga kedepan Pramuka bisa lebih maju, dan jaya didunia,” pungkasnya yang juga sempat mengikuti ajang Pemilihan Pramuka Garuda berprestasi tingkat Kwarda Jateng. (Hasan)

Baca juga : http://tegalkab.go.id/

1 komentar:

Komara Mulyono, S.Pd.SD mengatakan...

SEMOGA MAKIN MAJU PRAMUKA KAB TEGAL...
Butuh pisau Pramuka ? klik www.belati-komando.blogspot.com

Posting Komentar