**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 September 2012

Kwarran Dukuhturi Gelar KPDA

DUKUHTURI - Sedikitnya 21 Pramuka Penegak yang merupakan Pengurus Dewan Ambalan se Kwartir Ranting 11.28.05 Dukuhturi dilatih dan dibekali tentang pengelolaan organisasi dalam pelatihan yang bertajuk Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA) Ke- 1 Tahun 2012. Kegiatan yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwarran Dukuhturi digelar, Minggu (16/9). 


Ketua Kwarran Dukuhturi Sodikin, S.Pd yang diwakili Sekretaris Kwarran, Wihartono saat membuka pelatihan mengatakan Kursus Pengelola Dewan Ambalan (KPDA) merupakan alat pembinaan bagi Pramuka Penegak yang ada di Ambalan dalam bentuk pelatihan.
"Kursus ini merupakan sarana pembinaan adik - adik Penegak yang ada di Ambalan," katanya.
Dikatakan Wihartono, kegiatan ini penting artinya bagi Pramuka Penegak, sebagai upaya meningkatkan profesionalitas, kualitas kelembagaan, memupuk rasa persahabatan, persaudaraan dan perdamaian melalui kegiatan Pramuka.
"Selain melatih pengelolaan organisasi dan managemen, KPDA ini juga sebagai sarana memupuk persaudaraan dikalangan generasi muda," Ujarnya
Ketua Panitia KPDA, Nur Hidayah Setianingsih menjelaskan peserta pelatihan sebanyak 21 orang yang berasal dari Pengurus Ambalan yang berada di Kwartir Ranting 11.28.05 Dukuhturi.
"Perutusan ambalan yang hadir terdiri dari Ambalan Mandala Surya Brata dan Ambalan Sekar Arum Pamukti pangkalan Gudep SMK N 1 Dukuhturi, serta Ambalan Pattimura dan Ambalan Cutnyak Dien dari Gudep SMK Nasional Dukuhturi," jelasnya
Dalam KPDA tersebut, sambung Nur Hidayah, peseta pelatihan mendapatkan berbagai materi antara lain Managemen dan Planning, Tekhnik Pengarsipan, Tekhnik Persidangan, Pola Pembinaan Pramuka T/D, Bedah Dewan Ambalan dan Kepemimpinan.
"Harapannya setelah kegiatan ini, peserta dapat menerapkan di Ambalan masing - masing. Dimana nantinya guna memacu pengurus Ambalan juga akan diadakan Pembinaan / Lomba Ambalan Tergiat setiap tahunnya," Pungkasnya. (Hs/Wi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar