**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 20 Februari 2017

Kwarran Dukuhwaru Jaring Barung Tergiat

DUKUHWARU – Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Dukuhwaru, Sabtu (18/2/2017) kemarin menggelar Pesta Siaga di SMP 1 Dukuhwaru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan sekaligus untuk menjaring Barung Siaga terbaik untuk melaju di tingkat Kwartir Cabang Tegal.
Pesta Siaga juga digelar guna mencari bibit tunas bangsa yang berkualitas. Kegiatan mengusung tema “Pramuka Siaga Bergembira, Berlatih dan Bersaudara”.

Peresmian Pembukaan dilakukan oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini dan dihadiri oleh anggota Mabiran diantaranya Kepala UPTD Dikbud Gunawan, S.IP, Kapolsek Dukuhwaru, Danramil, Pengurus Kwarran dan para Ketua Mabigus SD/MI/SMP/MTs se Kecamatan Dukuhwaru.

Camat Dukuhwaru yang juga Ketua Mabiran, Dra Noor Alina Agustini dalam sambutannya mengatakan pesta siaga merupakan ajang pertemuan Pramuka Siaga yang dilaksanakan dengan riang gembira.

Namun didalamnya mengandung nilai pendidikan karakter bagi peserta didik. “Meski dilakukan dengan ria gembira dan ceria. Pramuka mampu menumbuhkan karakter bangsa,” ujarnya.

Terkait perlombaan, Alina meminta agar dilaksanakan dengan maksimal dan tetap mengedepankan jiwa sportifitas peserta. “Kompetisi harus berjalan dengan sportif,” ungkapnya.

Ketua Kwarran Dukuhwaru, Wasroh,S.Pd melalui Ketua Panitia, Sri Lestari, S.Pd menjelaskan, kegiatan pesta siaga merupakan kegiatan tahun Kwartir Ranting guna memilih barung tergiat putra dan putri untuk menjadi wakil Kwarran Dukuhawru di tingkat Kwartir Cabang Tegal. “Pesta Siaga diikuti 31 barung putra dan 31 barung putri dari pangkalan SD/MI se Kecamatan Dukuhawru,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pesta siaga juga bertujuan untuk membina mental dan kepercayaan dan memupuk persaudaraan dan persatuan sesama pramuka siaga serta mengembangkan penghayatan kode kehormatan Pramuka. “Dengan Pesta Siaga ini diharapkan akan membentuk anggota Pramuka yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi moral dan berbudi pekerti luhur dan kuat dalam beragama,” imbuhnya.

Dari ajang tersebut berhasil mengantarkan para barung tergiat yakni untuk putra tergiat 1 SD Negeri Dukuhwaru 01, tergiat 2 SD Negeri Blubuk 05 dan tergiat 3 MI Asyafiiyah Kalisoka. Tergiat Harapan 1 SDN Blubuk 06, Harapan 2 SD Negeri Selapura 01 dan Harapan 3 SD Negeri Blubuk 04.


“Sedangkan untuk barung Putri tergiat 1 ditempati SD Negeri Blubuk 05, Tergiat 2 MI Asyafiiyah Kalisoka dan Tergiat 3 SD N Selapura 01. Tergiat Harapan 1 SD N Blubuk 04, Harapan 2 SD N Kabunan 01 dan Harapan 3 SDN Slaranglor 01,” pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar