**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 25 Februari 2017

36 Barung se Tegal Siap Adu Ketangkasan Siaga

SLAWI - Sejumlah 36 barung tergiat putra dan putri dari 18 Kwartir Ranting (Kwarran) se - Kwartir Cabang Tegal, siap beradu kemampuan dan ketrampilan dalam Adu Ketangkasan Siaga yang dikemas dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Tegal, Minggu (26/2) besok. Direncanakan kegiatan bakal dibuka oleh Bupati Tegal selaku Ketua Mabicab.
Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melalui Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd mengatakan, gelaran rutin tahunan tingkat cabang yang merupakan ajang kreativitas dan ketrampilan bagi Pramuka Siaga tersebut, rencananya akan dihelat komplek Sekretariat Pemkab Tegal.

"Peserta pesta siaga merupakan barung tergiat 1 putra dan putri tingkat Kwartir Ranting / utusan Kecamatan. Setiap barung terdiri dari 10 Pramuka Siaga," katanya, Jum’at (24/2) kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Pesta Siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik (pesdik) khususnya usia Siaga, sehingga diharapkan Pramuka Siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan, serta mengembangkan dirinya.

"Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa," tegasnya.

13 Taman Kegiatan

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan, dalam ajang itu, adik-adik Siaga diberikan materi dan ketrampilan yang akan menopang pembentukan karakter dan watak disiplin, cinta tanah air, maupun patriotisme yang terbagi dalam 13 Taman kegiatan. Yaitu seperti Taman agama, seni budaya, semangat barung, pengetahuan umum, tali temali, permainan golbow, puzle, nama tokoh, huruf jawa dan PBB.

"Bagi barung tergiat 1,2 dan 3 putra dan putri nantinya akan mewakili Kwarcab Tegal diajang yang sama di tingkat Binwil Pekalongan tangga 25 Maret 2017 mendatang di Kota Tegal," tandasnya. Dia menambahkan, disela kegiatan Pesta Siaga 2017 juga bakal digelar aksi Donor Darah Sukarela (Doras) dalam rangka Hari Baden Powel ke-160 tahun 2017.

“Insya Alloh, kita juga menggelar Aksi Donor Darah Sukarela bekerjasama dengan UDD PMI dan RS Adella bertempat di Pemkab Tegal,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Kwarran Dukuhwaru, Wasroh,S.Pd mengemukakan, pihaknya siap mengirimkan dua barung terbaiknya yakni Barung Putra SD Negeri Dukuhwaru 01 dan Barung Putri SD Negeri Blubuk 05. (Admin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar