**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Kamis, 15 September 2016

Anto Raih Penghargaan Lencana Teladan Nasional

SLAWI Rahadianto Tri Wibowo yang disapa diakrab Anto, Siswa SMP Negeri 2 Adiwerna berhasil meraih Penghargaan Lencana Teladan Nasional tahun 2016 dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,SH,M.IP pada peringatan Hari Pramuka ke-55 tingkat Jawa Tengah di Kabupaten Karanganyar 8 September 2016 lalu.
SLAWI –

Kepala SMP Negeri 2 Adiwerna, Mujiarti,M.Pd melalui Pembina Pramuka, Suharjo,S.Pd menuturkan, prestasi Putra bungsu dari Pasangan Ir. Sutaman M,Si dan Sri Hestuti, tidak diragukan lagi. Siswa Kelahiran Tegal 3 Desember 2001 telah banyak membawa almamater SMP Negeri 2 Adiwerna dengan sejumlah prestasi yang ditorehkan pada bidang akademik dan ekstrakulikuler khususnya Pramuka. 

“Prestasi dibidang kepramukaan antara lain pada ajang Boy Scout Competition (BSC) di SMK N 1 Slawi tahun 2015 sebagai Juara I Penjelajahan Putra, Juara I Lomba Cepat Tepat Pramuka (LCTP) tingkat Kwarcab Tegal, Juara Harapan II Lomba Senam Pramuka Tingkat Kwarcab Tegal, serta mewakili Kwarcab Tegal sebagai Peserta Jambore Daerah ke XIV di Bumi Perkemahan Karanggeneng, Semarang,” bebernya

Selanjutnya, kata Suharjo, pada tahun 2016, Prestasi Ketua OSIS SMP N 2 Adiwerna periode 2015/2016 kian membanggakan dengan menyabet ranking 2 Paralel di SMP Negeri 2 Adiwerna. Tidak hanya itu, berbagai kejuaraan dan lomba kepramukaan telah ia raih seperti Juara II Lomba Cepat Tepat Pramuka event GANAS Scout Achievement Meeting (GSAM) yang diselenggarakan di SMA N 1 Slawi, Juara I Putra Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Tingkat Kwarcab Tegal. 

“Di tingkat Kwarda Jateng berhasil sebagai Juara III Pramuka Garuda Berprestasi. Selain itu dibidang akademik menjadi Juara I Lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten Tegal, Juara III Putra Lomba Debat Bahasa Indonesia FLS2N tingkat Kabupaten Tegal serta Juara III Lomba Pidato agama tingkat Kabupaten Tegal. Puncaknya pada tahun 2016, melalui seleksi yang ketat dari Kwarcab Tegal, Anto terpilih menjadi peserta Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Wisata Cibubur sekaligus menjadi Pinru (Pimpinan Regu) Putra Kwarcab Tegal,” paparnya

Menurut pengakuan Anto, Pramuka telah menempanya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena Pramuka merupakan salah satu pilar bagi generasi muda dalam membentuk karakter yang unggul baik dalam hal ketakwaan pada Tuhan YME, kedisiplinan, kebersamaan, kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat, patuh dan berbakti kepada orang tua dan guru, serta tanggung jawab secara individu maupun kelompok. 

“Pramuka bukan sekedar kegiatan nyanyi-nyanyi dan tepuk tangan, tapi lebih dari itu pramuka telah mengajarkan banyak hal yang tidak didapatkan pada ekstrakulikuler lainnya,”tuturnya.

Anto menambahkan, keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai, tidak lepas dari dukungan keluarga, teman seperjuangan, guru maupun pihak terkait lewat. Dia mengungkapkan, Pramuka telah memberikan banyak pengalaman dan pelajaran yang sangat luarbiasa. “Berkat pramuka, saya bisa bertemu dengan para pemimpin bangsa seperti Presiden Bapak Joko Widodo, Kak Adhyaksa Dault, Ibu Megawati Soekarno Putri, Kak Ganjar Pranowo serta masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan,” tandasnya. (Humas/s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar