**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 05 September 2016

Ratusan Pramuka Ikuti Seleksi Pastap Sakti

SLAWI – Ratusan Pramuka Penegak mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Tirta Aji Pakerti Siap Berbakti dan Mengabdi (Pastap Sakti) tahun 2016. Seleksi yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal itu berlangsung, Minggu (4/9) di Sanggar Bhakti Pramuka setempat. Terlihat antusiasme peserta seleksi hingga mencapai ratusan lebih.

Ketua Kwarcab Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono, M.Kes,MM melalui Sekretaris Kwarcab, Djuliono, S.Sos mengatakan, seleksi bertujuan untuk memilih Pramuka Penegak terbaik yang akan bertugas sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara Hari Pramuka ke 55 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2016.

“Dengan seleksi tentu akan diperoleh anggota pramuka Penegak yang cakap, tangguh dan memiliki ketrampilan dan kemampuan yang memadai baik fisik maupun dalam baris berbaris," katanya.

Dia menjelaskan, peserta seleksi terdiri dari anggota Pramuka Penegak yang berpangkalan di SMA/SMK/MA sederajat baik Negeri maupun swasta se Kabupaten Tegal.

“Peserta seleksi mencapai 196 Pramuka Penegak dari 31 pangkalan Gudep/sekolah yang terdiri 87 peserta putra dan 109 peserta putri. Nantinya akan kita pilih 55 Penegak terbaik anggota Pastap Sakti 2016,” jelasnya

Pengurus DKC Tegal, Septi Kusuma Putri menambahkan, materi seleksi anggota Pastap Sakti ini tiada lain mengarah kepada upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka yang meliputi, Pembinaan mental dan spiritual, wawancara dan kesehatan jasmani / kesamaptaan.

“Materi seleksi terdiri wawancara kepribadian, minat dan bakat serta dukungan dari orang tua dan sekolah tes serta kemampuan kesemaptaan jasmani meliputi lari, sit up dan push up, " terangnya.

Septi mengungkapkan, Pastap Sakti merupakan pasukan elit Kwarcab Pramuka Tegal sebagai unit kegiatan Dewan Kerja Cabang yang terbentuk sejak 2014 lalu. Pasukan ini layaknya Paskibraka-nya Pramuka.

“Pastap Sakti bertujuan untuk membentuk watak, meningkatkan jiwa kepemimpinan, patriotisme dan wawasan kebangsaan Pramuka Penegak serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadharma,” pungkasnya. (Admin/Hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar