**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 19 September 2016

75 Pembina SMP/MTs Ikuti Pentaloka



SLAWI – Sebanyak 75 Pembina Pramuka dari pangkalan Gudep SMP/MTs mengikuti Penataran dan Lokakarya (Pentaloka) Pembina, Minggu (18/9) di SMP Negeri 1 Slawi. Kegiatan digelar Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Dewaruci Kwarcab Tegal. 

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melalui Ketua Pusdiklatcab, Joko Eko Pratomo,M.Pd mengatakan, Pentaloka digelar sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia bagi para Pembina Pramuka dalam membina peserta didik di satuan dan pangkalannya masing-masing.

“Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan Diklat Scout Skill bagi Pembina Pramuka, agar tambah terampil dalam membina adik-adik Penggalang,” katanya. 

Dia mengingatkan, sebagai Pembina Pramuka hendaknya tidak sekedar membina dan semata cari honor, akan tetapi bagaimana membina anak didik dilandasi dengan ikhlas sehingga pembinaan karakter dapat tercapai. “Jadilah pembina yang ikhlas, jangan tanya honor. Yang terpenting adalah bagaimana karakter anak terbentuk,” ungkap Djoko

Djoko menambahkan, dalam membina peserta didik, pembina dapat berpedoman dan menggunakan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusu (SKK) Pramuka. “Untuk merangsang dam mendorong adik-adik, berikan penghargaan kepada adik-adik yang lulus SKU berupa Piagam, Tiska, dan lainnya,” imbuhnya. 

Sementara itu salah satu Pelatih, Faizin S.Pd menuturkan Pentaloka menyajikan beberapa materi diantaranya panduan dan cara penyelesaian SKU Penggalang Ramu, Rakit dan Terap. “Para pembina dipandu oleh para pelatih Pusdiklatcab dan diakhiri dengan open forum,” terangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar