**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 27 Juni 2016

Kwarcab Pramuka Jalin Kerjasama dengan BPBD, BPPKB dan Perpusarda

SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menjalin kerjasama dengan tiga SKPD di lingkungan Pemkab Tegal. SKPD tersebut yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kab. Tegal.

Penandatanganan MoU diteken langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Tegal, dr Widodo Joko Mulyono,MKes,MM, Kepala BPBD Kab. Tegal, Drs Tedjo Kisworo, Kepala BPPKB, Drs. A. Thosim dan Kepala Perpusarda, Drs H Waudin,M.Si usai Pengukuhan Pramuka Peduli Kwarcab Tegal masa bakti 2016-2021, Jum’at (24/6) lalu di Sanggar Pramuka setempat.

Kerjasama yang dilakukan antara lain tentang penanggulangan bencana dengan BPBD, tentang pembinaan Karakter bangsa bagi generasi muda melalui Satuan Karya Pramuka Kencana dengan BPPKB dan kerjasama Layan Silang dengan Perpusarda.

Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Tegal, Drs Tedjo Kisworo menyambut baik MoU antara BPBD dan Kwarcab Pramuka Tegal khususnya terkait upaya Penanggulangan diwilayah Kabupaten Tegal. Menurut Tedjo, Pramuka merupakan salah satu komponen penting dalam Penanggulangan bersama unsur SAR lain.

“Selama ini Pramuka selalu aktif membantu BPBD saat terjadi bencana bersama unsur lain seperti PMI, termasuk aktif dalam piket siaga bencana di BPBD. Oleh karena itu, kita siap mendukung fasilitas dan sarpras Kwartir Cabang Pramuka Tegal,” ujarnya.

Kepala BPPKB, Drs. A. Thosim, MM mengungkapkan, Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) berdiri sejak lama oleh BKKBN. Namun selanjutnya vakum pasca, BKKBN didaerah berubah nama. Untuk itu, pihaknya punya obsesi untuk membangkitkan kembali keberadaan Saka Kencana di Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Kepala Perpusarda, Drs.H.Waudin,M.Si mengatakan, layan silang adalah peminjaman buku yang bisa dibawa oleh lembaga-lembaga seperti Pramuka. Tujuan untuk meningkatkan minat baca dan taraf hidup anggota pramuka dan masyarakat. “Dengan membaca kita akan sukses semuanya,” tandasnya

Senada, Ketua Kwarcab Tegal, dr. H.Widodo Joko Mulyono,MKes,MM menyambut baik kerjasama / MoU Kwarcab Tegal dengan beberapa lembaga seperti BPBD, BPPKB dan Perpusarda Kabupaten Tegal. “Terimakasih untuk kerjasama ini, semo“Kerjasama ini diharapkan tidak hanya seremonial, tapi betul-betul dan dapat diwujudkan secara riil,” pungkasnya.


Penandatanganan MoU dihadiri jajaran Pimpinan Kwarcab Tegal, Kepala SKPD terkait, pimpinan Satuan Karya Cabang, Dewan Kerja Cabang, Ubaloka dan Pengurus Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar