**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Minggu, 26 Juni 2016

Ketua Kwarcab Tegal Kukuhkan Pramuka Peduli

SLAWI - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr. H. Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melantik dan mengukuhkan Pengurus Pramuka Peduli Kwarcab Tegal masa bakti 2016-2021 di Pendopo Sanggar Pramuka Cabang, Jum’at (24/6) sore. Pengukuhan Pengurus Pramuka Peduli tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwarcab Pramuka Tegal Nomor 17 tahun 2016 tanggal 1 Juni 2016.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPBD, Drs Tejo Kisworo; Kepala BPPKB, Drs A. Thosim; unsur Pimpinan Kwarcab diantaranya Wakil Ketua Kwarcab Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo,MM, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Binamuda, Sonhaji,S.Pd, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Humas Abdimas, Drs Waudin,M.Si, Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono,S.Sos, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), Sofan Effendi,S.Pd, Andalan Cabang bidang Humas Abdimas, Pengurus DKC, Ubaloka, Pimpinan Satuan Karya (SAKA) dan Pengurus Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr. H. Widodo Joko Mulyono,MKes,MM mengatakan, Pramuka Peduli adalah unit kegiatan yang dibentuk oleh kwartir untuk mengelola kegiatan kepedulian anggota pramuka terhadap penanggulangan bencana, kemanusiaan dan lingkungan hidupnya melalui kegiatan Aksi Pramuka Peduli di wilayah Kabupaten Tegal.

“Dalam aksi Pramuka Peduli dilakukan kegiatan bakti Pramuka bersama-sama masyarakat, pemerintah serta lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya yang terintregasi dan dikoordinasikan oleh gerakan pramuka,” katanya.

Menurut Joko, adanya Pramuka Peduli juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka di Kabupaten Tegal agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan peka terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat. “Selain itu, juga untuk memperkuat kelembagaan Gerakan Pramuka agar dapat meningkatkan partisipasi sosialnya di berbagai sektor pembangunan Bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Tegal, Drs H Waudin,M.Si usai dikukuhkan mengatakan, paska dikukuhkannya Pengurus Pramuka Peduli ditingkat Cabang, kedepan dirinya berharap Pramuka Peduli dapat dirintis dan dibentuk di seluruh Kwartir Ranting se Kwarcab Tegal. Hal itu penting, agar kegiatan kepedulian Gerakan Pramuka lewat Aksi Pramuka Peduli akan berjalan lebih maksimal dan optimal serta terkoordinasi dengan baik.

Menurut catatan Kwarcab, lanjutnya, saat ini yang sudah resmi membentuk Kepengurusan Pramuka Peduli dan telah dikukuhkan yakni Pramuka Peduli Kwarran Adiwerna. Untuk itu, Kwarran lain diharapkan dapat segera menyusul,” harapnya yang juga Wakil Ketua Kwarcab bidang Humas Abdimas.

Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar dan janji Trisatya oleh segenap jajaran pengurus yang dilantik, yang dipandu oleh Ketua Kwarcab Tegal didepan sang Merah Putih. Susunan pengurus harian yang dikukuhkan antara lain Ketua Drs H Waudin,M.Si; Wakil Ketua, Teguh Herdi Sancoyo,S.Pd,MM; Sekretaris, Nurkhasan,S.AP; Wakil Sekretaris Tri Basuki, Bendahara Setya Widiati dibantu tiga bidang yaitu bidang Penanggunglangan Bencana (PB), Bidang Kemanusiaan dan Bidang Lingkungan Hidup (LH) serta Satuan Reaksi Cepat (SRC).

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan Rapat Koordinasi persiapan Karya Bakti Pramuka 1437 H dalam Pengamanan Lebaran Idul Fitri 2016 dan Rencana Aksi Pramuka Peduli Pembagian Takjil Massal Ramadhan tanggal 30 Juni 2016 serentak se Kabupaten Tegal. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar