**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 08 Februari 2016

Pesta Siaga Balapulang Digelar

BALAPULANG - Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang digelar, Sabtu 6 Pebruari 2016 di Pendopo Kecamatan Balapulang. Kegiatan diikuti Gudep pangkalan SD/MI se Kecamatan Balapulang.

Kepala UPTD Dikpora Balapulang, H Purdiono S.Pd saat membuka kegiatan mendorong ekstrakurikuler Pramuka digalakkan dan ditingkatkan di pangkalan sekolah. Hal itu penting, agar tujuan mencerdaskan bangsa dan siswa berkarakter lewat pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan tercapai. "Saya berharap aktifitas Pramuka dapat digalakkan di sekolah-sekolah, untuk mencapai tujuan yakni mencerdaskan bangsa dan membentuk karakter," kata Ketua Harian Mabiran itu.

Terkait Pelaksanaan Pesta Siaga, Purdiono berujar, Pesta Siaga bertujuan untuk menanamkan pada diri pramuka siaga nilai-nilai religius agar selalu beriman dan bertakwa kepada Allah Tuhan YME, menumbuhkembangkan kemandirian hidup siswa. "Dengan memperbanyak pengetahuan akan terbiasa hidup sehat dan akan memperkaya ketrampilan untuk bekal hidup di masyarakat. Pesta Siaga rutin dilaksanakan dalam rangka upaya-upaya penanaman dan pembentukan karakter bangsa sedini mungkin lewat kegiatan pramuka," ungkapnya.

Panitia Pesta Siaga, Kusdidi S.Pd menjelaskan, pesta siaga diikuti 112 barung terdiri 54 Barung Putra dan 58 Barung Putri 58 dari pangkalan Gudep SD/MI se Kecamatan Balapulang. "Semua barung diuji pada 13 warung yang disiapkan panitia," ujarnya.

Dalam ajang tersebut, Barung yang mendapat prestasi adalah untuk Barung Putra juara I Gudep SDN Sesepan 02, Juara II SDN Batuagung 02 dan juara III Gudep SDN Wringinjenggot 0. Sedangkan untuk Barung Putri juara I MI Sinar Islam Cenggini, Juara II SDN Sesepan 02 dan untuk juara III SDN Wringinjenggot 01. "Untuk barung yang meraih juara I putra / putri berhak maju untuk mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal sebagai duta dari Kwarran Balapulang," pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar