**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Kamis, 01 Januari 2015

Kwarcab Pramuka Tegal Gelar Talkshow Radio



SLAWI – Dalam rangka refleksi kegiatan Pramuka selama tahun 2014, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menggelar Talkshow dan Interaktif secara Live di Radio Radar CBS Slawi Rabu (31/12) siang kemarin. Kegiatan disiarkan secara live melalui gelombang 104,4 MHz dengan durasi sekitar 1 jam mulai Pukul 11.20 – 12.35 WIB.

Hadir sebagai Narasumber dari jajaran Pengurus Kwarcab Tegal diantaranya Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyon MKes MMR, Wakil Ketua Kwarcab Bidang Organisasi Hukum, Drs H Agus Subagyo MM, Wakil Sekretaris, R Sopan Effendi S.Pd, Pb Ancu Humas, Nurhasan SAP dan Pengurus DKC Tegal, Ahmad Musanep. Talkshow mengambil tema “Pramuka Baru, Generasi Baru” Wadah Pembentukan Karakter Anak Bangsa dipandu oleh Penyiar Radar CBS FM, Novi.

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR dalam kesempatan itu mengatakan Gerakan Pramuka merupakan wadah pilihan utama dalam rangka pembentukan karakter anak muda dengan dilandasi nilai-nilai kepramukaan Trisatya dan Dasadharma. “Sasaran pembentukan karakter yakni anak – anak dan adik-adik generasi muda. Ini menjadi kewajiban kita,” ujarnya.

Menurut Joko, pembentukan karakter dalam Pramuka sebagaimana disebutkan dalam UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yakni pembangunan kepribadian yang ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat; pengembangan potensi diri sebagai hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui Gerakan Pramuka. “Kegiatan Pramuka dilakukan diluar ruangan dengan permainan – permainan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter,” ungkapnya.

dr Joko yang juga Direktur RSUD Slawi menuturkan, selama kurun waktu tahun 2014 banyak prestasi yang ditorehkan oleh Kwarcab Pramuka Tegal. Diantaranya  tergiat I Kwarda Jateng Bidang Humas Abdimas selama 3 tahun berturut – turut dan bidang lainnya berada pada posisi 10 besar Jawa Tengah.  Hal ini berkat dukungan dan doa semua pihak baik para pengurus / andalan Kwarcab Tegal khususnya andalan humas abdimas, media / wartawan, khususnya Radar, Suara Merdeka dan lainnya yang turut membantu publikasi kegiatan Pramuka di Kabupaten Tegal. “Secara umum Kwarcab Tegal berada diurutan 3 Kwarcab terbaik di Jawa Tengah. Kedepan  di tahun 2015, saya berharap semua bidang dapat meningkat prestasinya dan meraih tergiat,” cetusnya.

Disisi lain Wakil Ketua Kwarcab Bidang Orgakum, Drs Agus Subagyo MM menjelaskan, penyelenggaraan pendidikan dalam Gerakan Pramuka diatur dalam peraturan perundangan-undangan baik yang bersifat nasional maupun yang diatur khusus oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. “Adanya UU Pramuka maka memantapkan adanya Satuan Karya dan penataan organisasi yang dititikberatkan pada Gugusdepan yang melekat pada lembaga pendidikan dari tingkat SD, SMP, SMA / sederajat. Dan beberapa Gudep di pangkalan Perguruan Tinggi seperti STAIBN dan STIKes Bhamada Slawi,”  paparnya

Wakil Sekretaris Kwarcab Tegal, R Sofan Effendi S.Pd menambahkan, selama tahun 2014 banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kwarcab Tegal. Kegiatan tersebut dibagi menjadi beberapa bidang kegiatan yakni Bidang Pembinaan anggota Muda (Binamuda), Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa), Bidang Organisasi Hukum (Orgakum), Bidang Pengabdian Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (Abdimas Humas), Dewan Kerja Cabang dan Pramuka Peduli. “Bidang Humas Abdimas menjadi andalan, karena mampu meraih prestasi tergiat 1 Jateng 3 tahun berturut-turut dengan nilai yang spektakuler. Untuk kegiatan tahun 2015, akan dibahas pada Forum Rakercab, Insya Alloh Januari mendatang,” tukasnya. (Humas/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar