**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 08 Januari 2015

Wakil Bupati Lepas Kontingen Pergamanas



SLAWI - Sebanyak 40 Pramuka Penggalang yang tergabung dalam kontingen Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif Nasional (Pergamanas) I PC Ma’arif NU Kabupaten Tegal dilepas Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah untuk mengikuti perkemahan di Ponpes KHAS Kempek, Cirebon Jawa Barat. Acara pelepasan berlangsung dipelataran Gedung PCNU Kab. Tegal, Rabu (7/1), dan dihadiri Rois Syuriyah PCNU, KH Chambali Ustman, Kepala Sekolah pengirim dan sejumlah undangan lain.


40 penggalang yang diberangkatkan terdiri dari 16 penggalang putra dan 24 penggalang putri yang berasal dari 4 pangkalan SMP / MTs dibawah naungan Maarif NU Kabupaten Tegal. Selain kontingen inti, juga disertakan lima pendamping putra dan putri yang bertugas mengarahkan langsung kepada peserta dalam melaksanakan kegiatan.

Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah, mewakili Bupati Tegal selaku Kamabicab dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kepramukaan yang akan dilaksanakan di Ponpes Kempek Cirebon Jabar, hendaknya dapat dihayati dan dijadikan tonggak baru dalam rangka menerapkan “Panca Karsa Utama” dibidang peningkatan mutu pramuka penggalang, melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, lebih bermanfaat dan lebih menantang.

“Kegiatan diharapkan mampu memberikan bekal nilai-nilai kepribadian, watak, moral serta disiplin berlandaskan program kegiatan pramuka penggalang yang telah dimutakhirkan dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan secara aktif dan berkesinambungan,” katanya

Menurut Wabup, Gerakan Pramuka dalam sejarah bangsa yang dulu bernama Gerakan kepanduan, memainkan peran penting dalam perjuangan kemerdekaan melawan imperialisme dan kolonialisme. Melalui gerakan kepanduan, para pendahulu kita berupaya menunbuhkan nila patriotisme, yang didasari oleh kesadaran dan semangat kemanusiaan yang luhur dan bersifat universal.

“Dalam masa revolusi dan perang kemerdekaan, tidak sedikit anggota gerakan kepanduan yang ikut berjuang merebut dan menegakkan kemerdekaan. Tidak sedikit pula, diantara mereka yang gugur sebagai pahlawan bangsa. Oleh karena itu, kepanduan mempunyai kedudukan yang khusus dihati bangsa Indonesia,” tandasnya.

Ketua PC LP Ma’arif NU Kab. Tegal, Dra H Muslih MSI menjelaskan, kegiatan Perkemahan Penggalang Maarif NU Nasional (Pergamanas) I akan dilaksanakan di Pondok Pesantrek KHAS Kempek, Cirebon Jawa Barang 7 – 12 Januari 2015 mendatang.  “Kab. Tegal mengirimkan 5 regu terdiri dari 2 regu putra dan 2 regu putri. Mereka berasal dari SMP dan MTs dibawah naungan Maarif NU,” ujarnya

Dikatakan, dalam kegiatan Pergamanas I akan diisi beragam kegiatan antara lain Pentas Seni budaya, Ketangkasan, Scouting Skill, Olimpiade Aswaja, kebangsaan dan sebagainya. "Diharapkan rangkaian kegiatan dapat diikuti dengan baik oleh kontingen Kab. Tegal,” pungkasnya. (hms/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar