**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 08 November 2014

Latih Kepedulian, Pramuka Talang Cabut Paku di Pohon



TALANG – Upaya melatih kepedulian terhadap lingkungan sekitar salah satunya diwujudkan jajaran Pramuka Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Talang dengan melakukan aksi Cabut Paku di pohon.  Aksi itu juga sekaligus untuk mensukseskan program Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Tegal dalam penyelamatan lingkungan yang dihelat serentak pada Jum’at (7/11).

Wakil Ketua I Kwarran Talang, Nurkhakim S.Pd mengatakan, anggota Pramuka maupun peserta didik sebagai bagian generasi muda harus dilatih dalam kepedulian terhadap lingkungan dan sosialnya. Bila hal ini rutin digiatkan, maka akan menjadi pembiasaan yang baik dalam menjaga lingkungannya.

“Salah satunya yakni dalam kegiatan aksi cabut paku dipohon kemarin. Kita melibatkan adik-adik DKR dan Penegak SMK Ma’ari Talang, dengan sasaran sepanjang jalan depan Mako Kodim sampai depan Polsek Talang. Hasilnya sekitar 1 kg paku bekas,” ungkapnya kemarin.

Dikatakan, dalam waktu dekat KwaranTalang akan membentuk kepengurusan yang menangani kegiatan kepedulian dan sosial yakni Pramuka Peduli dan Tim UBALOKA.

“Insya Alloh dalam waktu dekat akan kita rintis Pengurus Pramuka Peduli. Ini penting agar kegiatan Kwarran yang berkaitan dengan kepedulian pada lingkunganya dapat ditangani khusus oleh Pramuka Peduli,” tuturnya.

Disisi lain, Pembina SMK Ma’arif Talang, Moh Faisal sepakat dengan gagasan dari Kwarran Talang untuk membentuk kepengurusan  yang khusus menangani kegiatan Pramuka Peduli.

Tentu akan sangat manfaat sekali, jika nantinya sudah terbentuk Pengurus Pramuka Peduli,” katanya

Menurut Faisal yang juga Andalan Kwarran Talang, Pengurus Pramuka Peduli sangat dibutuhkan Kwarran, sehingga kegiatan pertolongan dan sosial akan terprogram dan terjadwal dengan baik. ‘Kepedulian yang dilakukan anak-anak penegak Gudep SMK Ma’arif kemarin dalam aksi cabut paku di pohon merupakan contoh yang perlu diprogramkan dengan baik,” pungkasnya. (Humas/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar