**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 14 Desember 2012

Penegak SMA NU Suradadi Dilatih Jurnalistik


SURADADI – Sedikitnya 125 Pramuka Penegak Gugusdepan (Gudep) Pangkalan SMA NU 01 Suradadi dilatih Jurnalistik Dasar. Kegiatan yang digelar dalam rangkaian Pelantikan Penegak Bantara tersebut dihelat, Jum’at (14/12) di MTs NU 03 Suradadi yang berlokasi di Desa Harjasari.

Pembina SMA NU 01 Suradadi, Moh Muani, Amd Kom mengatakan pemberian materi Jurnalistik dasar dimaksudkan agar calon Penegak Bantara mengetahui seluk beluk dunia Jurnalistik dan mampu menulis berita.


“Minimal adik – adik tahu dasar jurnalistik, sehingga mampu membuat berita,” katanya disela kegiatan.

Dikatakan Muani, selain diisi dengan kegiatan pelatihan jurnalistik dasar, rangkaian kegiatan pelantikan bantara juga diisi dengan perjalanan jauh (long march) dan bakti sosial  / masyarakat.

“Sebelumnya peserta juga melakukan long march (jalan jauh) sepanjang + 10 km dari Pangkalan sekolah sampai di lokasi kegiatan ini,” terangnya.

Muani menambahkan, berkaitan dengan bakti sosial kepada masyarakat setempat, pihaknya telah menyediakan 75 paket mie instan yang siap dibagikan kepada warga.

“Untuk baksos, kita akan bagikan 75 paket mie instan,” imbuhnya.

Sementara Pemateri, Nurkhasan yang juga Pb Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 11.28 Tegal menjelaskan, dalam menulis berita, seorang wartawan / jurnalis harus mengacu pada karakteristik utama berita (news), yaitu berita layak muat atau sedang menjadi perbincangan khalayak umum / serta memenuhi unsur berita 5W + 1H.

”Unsur tersebut yaitu What, Where, When, Who, Why dan How,” jelasnya.

Selain itu, kata Khasan, berita yang baik yakni berita yang mengandung nilai antara lain Objektif dan berdasarkan fakta dan tidak memihak / berimbang.

“Berita harus Aktual/terbaru, belum “basi”. Selain itu, penting artinya pengaruh atau dampaknya bagi orang banyak atau menyangkut orang penting/terkenal,” pungkasnya. (admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar