**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 Desember 2012

Dian Pinru Lahirkan Pemimpin Bangsa



BALAPULANG – Upaya mencetak dan melahirkan calon – calon pemimpin bangsa  ditempuh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal dengan menggelar Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru). 

Kegiatan diikuti 61 peserta yang berasal dari 27 Pangkalan Gudep Penggalang se Kabupaten Tegal. Dianpinru digelar sejak  15 s.d 17 Desember 2012 di SMP Negeri 1 Balapulang.


Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono, MKes MMR melalui Sekretaris Kwarcab, Prawoto SY mengatakan mencetak pemimpin tidak semudah membalikan telapak tangan. Tetapi membutuhkan proses panjang yang integral dan berkesinambungan.

“Apalagi tantangan ke depan makin menghadang yang menuntut kemampuan pemimpin dalam mengelola berbagai tantangan menuju jalan kesuksesan,” katanya

Prawoto menambahkan, selain itu, melahirkan seorang pemimpin juga butuh proses yang panjang yang integral dan berkesinambungan

Sementara Ketua Panitia Suharjo, S.Pd menjelaskan, Kwarcab Tegal memandang perlu untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan dengan terus menggelar gladi bagi anggota pramuka. Hasilnya, lewat penggemblengan sejak dini banyak kader pramuka yang lahir menjadi pemimpin bangsa.

“Sudah banyak kader pramuka yang menjadi pemimpin, antara lain  Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum dan dokter Bimo yang sekarang Ketua PMI Cabang,” ujarnya mencontohkan.

Terkait peserta, Suharjo mengatakan, Dianpinru diikuti 61 peserta terdiri dari 31 Penggalang putra dan 30 Penggalang Putri  dari 27 pangkalan Gudep  se Kabupaten Tegal.

“Mereka dilatih oleh para pelatih dan andalan kwarcab selama 3 hari dalam bentuk perkemahan,” terangnya

Suharjo yang juga Sekretaris Binamuda berharap, pramuka penggalang akan mampu mengelola dan memimpin regunya dan mengembangkan diri di gugus depannya masing-masing. Berperilaku baik sesuai dengan kaidah janji Ttri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Sejalan dengan tema yang diusung yakni ‘Scout Today Leader Tomorrow’ artinya pramuka sekarang pemimpin di masa depan, diharapkan peserta dianpinru kelak dikemudian hari akan memimpin negeri ini,” pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar