**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 30 April 2012

Wakil Bupati Lepas Kontingen Pramuka Santri


Slawi – Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum melepas Kontingen Pramuka Santri Kabupaten Tegal yang akan mengikuti Perkemahan Pramuka Santri tingkat Jawa Tengah tahun 2012 di Bumi Perkemahan Pakis Adi, Kabupaten Jepara tanggal 30 April hingga 3 Mei 2012 mendatang.

Kontingen yang berjumlah 20 orang santri tersebut dilepas keberangkatannya di Aula Al Ikhlas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tegal, Minggu (29/4) malam.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, Drs H Ahmad Zubaedi, M.Si, Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY, Pejabat dilingkungan Kemenag Kabupaten Tegal, Pengurus Ponpes Darul Mujahadah Margasari, Pengurus Kwarcab, DKC Kwarcab 11.28 Tegal dan anggota kontingen Pramuka Santri.

Wakil Bupati, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum dalam arahannya mengatakan kegiatan Kepramukaan sangat bermanfaat dalam pembentukan watak dan karakter generasi muda. Oleh karenanya, saya sangat berharap kegiatan Pramuka di Pondok Pesantren (Pontren) dapat dikembangkan.

“Saya berharap Pramuka bisa dikembangkan di Ponpes, karena berperan dalam membentuk watak generasi muda,” katanya.

Menurut Wabup, dalam Kepramukaan juga ditanamkan sifat persamaan derajat, tanpa membedakan golongan, menambah pengalaman dan membentuk kebersamaan.

“Persamaan derajat dan kebersamaan juga ditanamkan dalam Pramuka,” tegasnya.

Terkait kemah pramuka santri, Wabup berpesan agar kontingen Pramuka Santri dari Kabupaten Tegal dapat menampilkan performa terbaiknya di tingkat Jawa Tengah. Dengan tetap mempertahankan ciri khas sebagai santri dan mengangkat budaya daerahnya.

“Tampil maksimal sesuai pelatihan yang diberikan. Tetap pertahankan ciri khas santri dan budaya daerah,” pesannya.

Kepala Seksi Pekapontren Kemenag, Banu Hamdan, M.Pd menjelaskan perkemahan pramuka santri merupakan sarana pembelajaran terbaik guna melahirkan generasi calon pemimpin masa depan. Dimana dalam gemblengannya, pramuka dapat membentuk generasi mandiri dengan dilandasi oleh iman hingga mengakar membentuk ketaqwaan yang berimplikasi pada tanggung jawab demi memberikan manfaat pada umat.

“Kemah pramuka santri ini bertujuan meningkatkan kreativitas, prestasi dan solidaritas, guna mengembangkan kemandirian santri,” jelasnya.

Dalam ajang tersebut, kata Banu yang juga sekaligus sebagai Pimpinan Kontingen, Kemenag Kabupaten Tegal mengirimkan kontingen sejumlah 20 orang yang terbagi dalam 10 orang sangga putra dan 10 orang sangga putri yang berasal dari Gugusdepan (Gudep) Pramuka santri Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mujahadah Margasari.

“Kontingen seluruhnya santri dari Ponpes Darul Mujahadah Margasari yang merupakan juara 1 pada Perkemahan Santri tingkat Kabupaten Tegal Desember 2011 lalu,” terangnya.

Senada dengan Wakil Bupati, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal Drs H Ahmad Ubaedi, Msi berpesan agar kontingen dapat menjaga etika dan moral dalam mengikuti kegiatan. Terlebih kemah santri berbeda dengan perkemahan lainnya.

“Jaga etika dan moral kita sebagai duta daerah, bawa nama harum daerah kita,” tukasnya.

Ubaedi juga berharap anggota kontingen agar tetap menjaga kesehatan, sehingga kegiatan yang cukup padat selama 4 hari dapat diikuti dengan baik.

“Mudah-mudahan kontingen bisa menjadi yang terbaik di tingkat Jawa Tengah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati juga memberikan tambahan uang saku kepada anggota kontingen sejumlah satu juta rupiah yang langsung diterima oleh perwakilan peserta. (Hasan).

Baca Juga di :  http://tegalkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar