**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 23 April 2012

Speduna Scout Rally Tempuh Jarak 40 Km


Slawi – Sejumlah 40 Pramuka Penggalang Gugusdepan (Gudep) pangkalan SMP Negeri 2 Adiwerna mengikuti Speduna Scout Rally (SSR). Kegiatan yang dilakukan dengan bersepeda ria mengelilingi dan mengunjungi beberapa tempat di Kabupaten Tegal tersebut mengambil start dari pangkalan sekolah setempat, Minggu (22/4) kemarin.
Pembina Gudep SMP Negeri 2 Adiwerna, Suharjo, S.Pd mengatakan Spenduna Scout Rally (SSR) bertujuan membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan pramuka penggalang khususnya di SMP Negeri 2 Adiwerna.

“Alhamdulillah SSR ini mampu menempuh jarak sepanjang 40 km PP. Mudah-mudahan dengan bersepeda ria, kesehatan kita akan tetap terjaga, katanya kemarin.

SSR tersebut, kata Suharjo, juga sekaligus sebagai sarana mengenalkan kepada adik – adik penggalang tentang lokasi kantor pemerintahan, tempat wisata maupun tempat penting lainnya.

“Tempat yang kita kunjungi bervariasi, dari kantor pemerintahan, militer, perguruan tinggi sampai tempat wisata. Ini dimaksudkan agar adik – adik penggalang lebih mengenal daerahnya sendiri,” ujarnya.

Ditambahkan Suharjo, tujuan lain dari kegiatan SSR ini juga sebagai syarat untuk menempuh Syarat Kecakapan Khusus (SKK) yaitu pengendara sepeda yang merupakan salah satu kecakapan khusus dalam Pramuka.

“SSR ini juga kami rancang sebagai syarat untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) pengendara sepeda,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala SMP Negeri 2 Adiwerna,  Drs. Moh. Taufiq Hidayat selaku Ketua Mabigus, menurutnya bersepeda adalah suatu kegiatan yang menyehatkan mendukung Go Green. Apalagi ditambah dengan mengenal kantor atau tempat perkuliahan di wilayah Kabupaten Tegal.

“Kegiatan ini sangat menarik dengan tujuan utama objek wisata cacaban. Pesan kakak berhati-hatilah di jalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas, dan pastinya tetap semangat.” Pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut beberapa tempat yang dikunjungi yaitu Makam Anggawana ( Pendiri Kabupaten Tegal ), Kampus Akbid Siti Fatimah Dukuhwaru, Kantor Samsat Kab. Tegal, Kantor Kementrian Pekerjaan Umum, STIKES Bhamada,  Alun-alun dan Kantor Pemerintah Kabupaten Tegal, Mako Brigif 4 Dewa Ratna,  RSU Dr. Soesilo Slawi, OW Waduk Cacaban, Masjid Agung Kabupaten Tegal, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kab. Tegal, Sanggar Pramuka Kwartir Cabang 11.28 Tegal dan Bataliyon 407 / Padmakusuma. (Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar