**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 09 April 2012

Puluhan Pramuka Ikuti Pemancangan Bambu Runcing

Slawi - Puluhan Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang 11.28 Tegal diturunkan dalam upacara pemancangan bambu runcing berbendera merah putih di makam pejuang kemerdekaan almarhum H Marnandi Singadiwirja di Desa Dukuhsalam, Kecamatan Slawi, Sabtu (7/4).

Pemancangan bambu runcing tersebut dilakukan dalam suatu upacara yang mirip upacara militer dengan pembina upacara Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) 1945 Propinsi Jawa Tengah, Drs Suparto Citradiarjo dan dihadiri Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum bersama jajaran Muspida, Ketua DPRD Kabupaten Tegal, H Rojikin AH, SH, Pengurus Dewan Harian Cabang (DHC) 1945 Kabupaten Tegal, Pepabri, PWRI, TNI/Polri, KNPI, ormas pemuda, masyarakat dan puluhan anggota Pramuka.

Ketua Dewan Harian Daerah 1945 Propinsi Jawa Tengah, Drs Suparto Citrodiarjo mengatakan upacara pemancangan bambu runcing berbendera merah putih diatas makam almarhum Bung Marnandi sebagai tanda kehormatan untuk beliau atas semua jasa dan pengorbanannya dalam ikut serta berjuang meraih kemerdekaan bangsa Indonesia khususnya didaerah Kabupaten Tegal.

"Untuk mengenang jasa - jasa beliau, sebagai generasi muda perlu melanjutkan perjuangan Bung Marnadi," tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum dalam sambutannya merasa bangga dan hormat atas semua jasa - jasa almarhum H Marnandi Singadiwirja sebagai pahlawan pejuang yang cinta kesenian daerah dan peduli terhadap masyarakat.

"Rasa bangga dan hormat atas jasa-jasa almarhum sebagai pejuang yang peduli masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Hery, sudah sepantasnya jika almarhum Bung Marnandi mendapatkan gelar Pahlawan kemerdekaan. Walaupun beliau belum berkenan atas pemberian gelar pahlawan tersebut.

"Atas nama Pemkab Tegal saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih, khususnya kepada keluarga Bung Marnadi," tuturnya.


Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY mengatakan peranserta Pramuka dalam acara pemancangan bambu runcing terhadap almarhum Bung Marnandi merupakan sebagai wujud kepedulian dan penghargaan atas perjuangan almarhum semasa hidupnya. Sekaligus untuk menanamkan sikap patriotisme kepada adik-adik pramuka.

"Momentum ini bisa dijadikan wahana menanamkan sikap pentingnya penghargaan terhadap jasa para pejuang kemerdekaan khususnya pada adik - adik Pramuka sebagai generasi penerus bangsa," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan riwayat perjuangan almarhum oleh Drs Sunyoto, MM yang menjelaskan tentang riwayat kepribadian almarhum saat perjuangan merintis kemerdekaan sampai beliau sukses. Dari riwayat tersebut diketahui Bung Marnandi atau dengan nama lengkap H Marnandi Singadiwirja lahir tahun 1910 dan wafat tahun 1966 dimakamkan di pemakaman umum Desa Dukuhsalam, Kecamatan Slawi (Yul/san).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar