**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 06 Maret 2017

Pramuka Bakti Husada Pantau Jentik



ADIWERNA – Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Adiwerna Kwarcab Tegal Minggu (5/3) lalu, memberi pembekalan aksi pencegahan penyakit Demam Berdarah yang masih banyak kasusnya.

Pembekalan yang kemudian dilanjutkan praktek pemeriksan jentik nyamuk di desa Tembok Lor Kecamatan Adiwerna itu dipantau langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendadi Setiadji.MKes selaku Ketua Mabisaka.


Sesepuh Pramuka SBH, dr Bimo Bayuadji yang turut dalam kegiatan mengemukakan, fokus pemantauan itu dilakukan anggota Pramuka di tempat penampungan air bersih, kamar tidur serta genangan air di halaman rumah.

“Dari pemantauan tersebut ternyata beberapa rumah penduduk masih ada yang mengandung jentik jentik nyamuk,” katanya

Untuk itu, lanjut dr Bimo, para pramuka Saka Bakti Husada meminta agar pemilik rumah rajin menguras bak penampungan air seminggu sekali. “Mereka juga membagi-bagikan serbuk Abate sebagai zat anti jentik dan memasang stiker cegah Demam Berdarah,” terangnya

Menurut Kepala Puskesmas Adiwerna dr. Sarmanah, kegiatan pramuka tersebut kedepan juga akan dilanjutkan dengan pemantauan penderita yang kemungkinan mengidap tuberkulosa/ TBC.

“Kegiatan kali ini diikuti sekitar 54  pramuka penegak Bakti Husada peduli kesehatan,” ujarnya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Hendadi Setiaji,MKes menyampaikan apresiasi dan kagum, karena selain dari Adiwerna ada juga pramuka yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni dari kecamatan Jatinegara yg berjarak 25 km.

“Salut untuk Pramuka SBH, atas partisipasinya termasuk dari Jatinegara. Meski jauh, tapi tetap semangat,” ungkapnya.(Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar