**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 09 Januari 2017

Tingkatkan Kualitas Pembina, Kwarran Bojong Adakan Gelang Ajar



BOJONG - Peningkatan kualitas Pembina Pramuka, sangat erat kaitannya dengan peningkatan mutu kegiatan peserta didik, yaitu terselenggaranya kegiatan peserta didik yang bermutu yang disajikan oleh pembina pramuka yang bermutu pula. Oleh karena itu, Kwarran Bojong mengadakan Gelang Ajar Pembina Pramuka sebagai salah satu usaha yang sangat strategis untuk kembali memperbaharui/Upgrading kualitas Pembina Pramuka.

“Saya sangat mengharapkan agar Gelang Ajar ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pembina, karena sangat strategis bagi peningkatan kualitas pembina sebagai pemandu peserta didik dalam melaksanakan kepramukaan,” kata Ketua Kwarran Bojong, Seger Panunggal kemarin.

Menurut Seger, kegiatan Gelang Ajar yang dihelat, Sabtu (7/1) di Aula UPTD Dikbud Bojong itu, diikuti oleh 45 Orang Pembina Pramuka yang terdiri dari 31 pembina SD dan 14 pembina MI se Kecamatan Bojong.

"Gelang Ajar ini dimaksudkan sebagai ajang/wadah pertemuan bagi para Pembina Pramuka untuk saling tukar-menukar informasi, pengalaman, mempererat, serta menambah persaudaraan guna meningkatkan pengabdiannya di Gugusdepan. Untuk itu, diharapkan agar kualitas Pembina Pramuka dapat meningkat," ujarnya

Sementara itu, Kepala Pusdiklatcab Kwarcab Tegal, Djoko Eko Pratomo, M.Pd mengemukakan, proses pengembangan SDM yang dilakukan melalui kepramukaan adalah usaha peningkatan dan pemantapan potensi – potensi baik berupa fisik maupun kejiwaan yang ada dalam diri anggota Gerakan Pramuka. Usaha tersebut, lanjutnya, harus dilakukan secara teratur, terarah, terencana dan berkesinambungan melalui latihan.

"Apabila proses pengembangan tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan Prinsip Dasar dan Metodik Kepramukaan hasilnya adalah tujuan Gerakan Pramuka sebagaimana yang kita sepakati dan tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka dapat terwujud," tandas Joko

Dalam kesempatan itu, sejumlah materi disampaikan oleh Tim Pelatih Kwarcab Tegal yakni menjadi pembina yang baik, dinamika kelompok, tehnik Kepramukaan dan problem solving pembina. "Harapannya hasil kegiatan ini dapat diterapkan di Pangkalan Gudep, yang pada gilirannya para pembina dapat mencetak kader pramuka / Peserta didik yang berkualitas," pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar