**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 01 April 2013

Ratusan Balon Meriahkan Pembukaan Pesta Siaga Korwil Pekalongan



SLAWI – Puluhan balon terbang turut memeriahkan pembukaan Gelaran Pesta Siaga tingkat Kwarda 11 Jawa Tengah Wilayah Pekalongan tahun 2013 yang digelar di Komplek Sekretariat Pemkab Tegal, Minggu (31/3). Peresmian Pembukaan dilakukan oleh Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum selaku Ketua Mabicab Tegal yang bertindak sebagai Yahnda.


Ajang yang menjadi sarana menjaring barung putra dan putri tergiat tingkat Korwil Pekalongan diikuti sebanyak 21 barung putra dan 21 barung putri atau setara dengan 420 Pramuka Siaga perutusan Kwartir Cabang (Kwarcab) se wilayah eks Karesidenan Pekalongan.
Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati / Walikota dan Ketua Kwartir Cabang se Wilayah eks Karesidenan Pekalongan, Forum Muspida Kabupaten Tegal, Pimpinan SKPD, Pengurus Kwarcab Tegal, Camat, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan dan Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) se Kabupaten Tegal.

Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan SH MHum dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Kepramukaan menunjukan bahwa pembentukan semangat kedisiplinan, kreatifitas dan kebersamaan serta memupuk persatuan dan kesatuan pada generasi muda kita telah berjalan dengan baik.

“Yaitu sebagai penunjang bagi pendidikan di sekolah maupu dalam lingkungan keluarga, yang antara lain mengenai peningkatan disiplin, ketrampilan, persaudaraan, dharma bakti dan pembentukan watak anak, jiwa dan semangat seperti inilah yang hendaknya selalu ditanamkan pada setiap kegiatan Gerakan Pramuka,” katanya

Dikatakan Bupati, momentum kegiatan Pesta Siaga diharapkan dapat meningkatkan penghayatan dan penjiwaan terhadap hakekat kepramukaan dan sebagai wahana pembinaan tunas bangsa yang cerdas, tangkas, mandiri dan berkepribadian serta cinta tanah air, sebab kegiatan Gerakan Pramuka di Indonesia bisa dikatakan sebagai “Kawah Candradimuka” nya para kader bangsa sejak dini, yang diharapkan peduli dan mampu melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab di kelak kemudian hari.

“Saya sungguh berbesar hati menyaksikan kiprah dari para pramuka siaga ini yang ditunjukan dengan rangkaian kegiatan yang sudah terpola, dan semua itu menjadi bukti dari pencerminan jiwa dan semangat optimisme, yang senantiasa tanggap dan dinamis serta siap sedia menghadapi segala tantangan, hambatan dan rintangan sebagai perwujudan tumbuhnya semangat kesetiakawanan dalam persatuan dan kebersamaan, demi meraih masa depan yang lebih baik,” ungkapnya.
 
Wakil Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, Drs  H Agus Subagyo MM yang jua sebagai Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan Pesta Siaga bertujuan untuk membina, menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara bagia nggota Pramuka Siaga; memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia.

“Pesta Siaga juga membentuk pribadi Siaga yang tangguh, mandiri, disiplin, dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri generasi sebelumnya,” jelasnya.

Pesta Siaga, lanjut Agus, mengusung tema “Pramuka Siaga Ceria, Mandiri, Berprestasi” dengan motto ‘Satyaku Kudharmakan Dharmaku Kubaktikan berlangsung sukses dan lancar sesuai harapan panitia.

“Atas dukungan dan partisipasi semua pihak, Alhamdulillah Pesta Siaga berjalan sukses,” ungkapnya

Agus yang juga Asisten II Sekda menambahkan, dalam ajang prestasi siaga tersebut, barung yang meraih prestasi yakni untuk barung Putra tergiat 1 Kwarcab Kota Tegal, tergiat 2 Kwarcab Pemalang, dan tergiat 3 Kwarcab Tegal. Tergiat harapan 1 Kwarcab Pekalongan, tergiat harapan 2 Kwarcab Pemalang dan tergiat harapan 3 Kwarcab Kota Pekalongan.

Sedangkan untuk Barung Putri tergiat 1 diraih Kwarcab Kota Tegal, tergiat 2 Kwarcab Kota Pekalongan, tergiat 3 Kwarcab Tegal, tergiat harapan 1 Kwarcab Kota Tegal, tergiat harapan 2 Kwarcab Tegal dan tergiat harapan 3 Kwarcab Kota Pekalongan.

“Barung tergiat 1, 2 dan 3 Putra dan putri berhak mengikuti Persari Siaga Jawa Tengah tanggal 13 – 14 April 2013 di Semarang,” Pungkasnya. (Admin/san)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar