**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 01 April 2013

Bupati : Pemerintah Dukung Kiprah Gerakan Pramuka


SLAWI - Pembangunan nasional dan pembangunan daerah saat ini masih dihadapkan pada perubahan-perubahan yang sangat dinamis, karena adanya kecenderungan globalisasi informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan-perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka salah satu unsur pendukung bagi kelangsungan dan kesinambungan pembangunan itu adalah hadirnya para generasi muda penerus bangsa yang kreatif, berbakat, potensional dan berkualitas.

“Oleh karena itu generasi muda yang demikian tadi tidaklah muncul begitu saja, akan tetapi mereka tampil melalui proses pembinaan, baik di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah serta di luar sekolah,” kata Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum saat membuka Pesta Siaga tingkat Kwarda 11 Jawa Tengah Korwil Pekalongan di lapangan Pemkab Tegal, Minggu (31/3).

Dalam kaitan inilah, kata Bupati, maka pemerintah sangat mendukung kiprah Gerakan Pramuka dalam setiap kegiatannya, karena komitmen  yang ditanamkan kepada seluruh anggota pramuka adalah demi mempersiapkan generasi muda dalam upaya melestarikan dan memajukan bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

“Seperti momentum kegiatan Pesta Siaga diharapkan dapat meningkatkan penghayatan dan penjiwaan terhadap hakekat kepramukaan dan sebagai wahana pembinaan tunas bangsa yang cerdas, tangkas, mandiri dan berkepribadian serta cinta tanah air, sebab kegiatan Gerakan Pramuka di Indonesia bisa dikatakan sebagai “Kawah Candradimuka” nya para kader bangsa sejak dini, yang diharapkan peduli dan mampu melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab di kelak kemudian hari,” cetusnya.

Dirinya mengaku sangat berbesar hati menyaksikan kiprah dari para pramuka siaga ini yang ditunjukan dengan rangkaian kegiatan yang sudah terpola, dan semua itu menjadi bukti dari pencerminan jiwa dan semangat optimisme, yang senantiasa tanggap dan dinamis serta siap sedia menghadapi segala tantangan, hambatan dan rintangan sebagai perwujudan tumbuhnya semangat kesetiakawanan dalam persatuan dan kebersamaan, demi meraih masa depan yang lebih baik.

“Semangat moral spiritual seperti itu, tentunya tidak lepas dari karakter jiwa kepramukaan yang senantiasa kreatif, jujur, adil dan objektif dalam setiap perilaku dan tindakannya. Lebih dari itu pramuka harus berani menghadapi kenyataan secara apa adanya. Kelugasan yang demikian itulah yang perlu ditanamkan di hati sanubari bagi setiap anggota Pramuka dengan tetap beregang teguh pada Dwi Satya dan Dwi Darma,” imbuhnya.

Masih kata Hery, dalam rangka memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan untuk meraih prestasi demi masa depan bangsa tersebut, hendaknya dapat dijabarkan lebih luas lagi, khusunya untuk dimanifestasikan di dalam sikap dan perilaku santun di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan lingkungannya.

“Saya senantiasa berharap agar adik-adik pramuka siaga setelah mengikuti kegiatan ini, dapat lebih meningkatkan ketaqwaan, pengetahuan, ketrampilan, disiplin dan mengembangkan diri di gugus depannya masing-masing atas pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti pesta siaga ini,” Pungkasnya. (san)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar