**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Jumat, 08 April 2016

Kwarcab Adakan Seleksi Pramuka Berprestasi


SLAWI - Dalam rangka memberikan dorongan dan rangsangan kepada para anggota Pramuka untuk mencapai suatu prestasi dalam kegiatan yang dilaksanakannya, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengadakan Pemilihan Pramuka Berprestasi (Scout Award) tahun 2016. Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari yakni Rabu – Kamis, (6-7/4) lalu di Sanggar Pramuka setempat.

Kegiatan diikuti oleh 18 Pramuka Penegak dan 26 Pramuka Penggalang dari pangkalan SMP/SMA/SMK se Kabupaten Tegal.

Ketua Kwarcab Tegal, dr Widodo Joko Mulyono,Mkes,MM melalui Sekretaris Kwarcab, Djuliono, S.Sos mengatakan, Pramuka berprestasi merupakan pramuka pilihan dan terbaik serta terampil di pangkalan sekolah / Gugusdepannya.

“Selain persyaratan administrasi, penilaian pramuka berprestasi juga dilihat dari sikap, pribadi dan ketrampilan (scouting skill),” ujarnya saat membuka kegiatan

Panitia Seleksi, Suharjo,S.Pd menjelaskan, Ajang Scout Award untuk memilih Pramuka Penggalang Berprestasi dan Pramuka Penegak Berprestasi Kwarcab Tegal tahun 2016. Pramuka Berprestasi nantinya akan menerima Tanda Penghargaan dari Ketua Kwartir Cabang Tegal.

“Ajang ini untuk memberikan Penghargaan kepada Pramuka Penggalang dan Penegak atas prestasi dan kesungguhan menjadi teladan yang telah dilakukan selama menjadi anggota pramuka,” jelasnya.

Scout Award, diharapkan menjadikan Pramuka Penggalang dan Penegak Berprestasi sebagai figur pramuka yang dapat menjadi dan dijadikan contoh / teladan bagi pramuka khususnya dan generasi muda pada umumnya baik itu dilingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Rangkaian kegiatan pemilihan pramuka berprestasi dikemas dalam bentuk kegiatan perkemahan. Materi seleksi terdiri dari administrasi, pengetahuan kepramukaan, pengetahuan umum, kepemimpinan, komunikasi, kerjasama dan penyelesaian masalah,” bebernya.

Suharjo menambahkan, bagi peserta yang dinobatkan sebagai Pramuka Berprestasi 1, 2 dan 3 setiap golongan akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Kwartir Cabang Tegal. “Dan peserta terbaik 1 putra dan putri setiap golongan berhak mengikuti Pemilihan Pramuka Berprestasi tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah pada tanggal 29 April – 1 Mei 2016 mendatang,” pungkasnya.

Dalam ajang itu, untuk golongan Penggalang berhasil meraih predikat Pramuka berprestasi 1 yakni Rahadianto Tri Wibowo Penggalang Putra SMP Negeri 2 Adiwerna dan Hanun Ihda Asyfia Penggalang putri SMP N 1 Adiwerna. Sedangkan Predikat Pramuka Berprestasi 1 golongan Penegak berhasil diraih Penegak SMA 1 Slawi yakni Bayu Khoerul dan Rizkiyah Putri Wulandari. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar