**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 09 November 2015

Pramuka Kwarcab Tegal Ikuti Jelajah Rute Juang Pahlawan



SLAWI - Sedikitnya 20 Pramuka Penegak Kwarcab Tegal yang terdiri dari 1 (satu) regu putra dan 1 (satu) regu putri mengikuti kegiatan Jelajah Rute Juang Pahlawan tingkat Jawa Tengah yang digelar tanggal 7 s.d 10 Nopember 2015 di Kabupaten Banyumas. Mereka bergabung bersama ratusan Pramuka Penegak dan Pandega dari 35 Kabupaten / Kota Se Jawa Tengah.


Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR melalui Sekretaris Binamuda, Suharjo S.Pd mengatakan, kegiatan jelajah rute juang Pahlawan merupakan kegiatan 2 tahunan yang digelar Dinpora Jawa Tengah bersama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

“Kegiatan ini diberinama Yudha Prawira Kuswa, dimana tahun 2015 ini rute juang Pahlawan digelar di Kabupaten Banyumas, sebelumnya 2 tahun lalu kegiatan dihelat di Kabupaten wonogiri,” katanya.

Dijelaskan, pada rute juang tahun 2015, peserta melakukan rute perjalanan diwilayah Banyumas yang terbagi menjadi beberapa etape yakni etape I menempuh jarak 22 km, pada Minggu (8/11) melewati Desa Karangsalam-Desa Kemutug Lor-Desa Karangmangu-Desa Ketenger-Desa Melung-Desa Windujaya-Desa Kalisalak-Desa Baseh-Desa Sunyalangu-Desa Sokawera. “Dan finish etape I di Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok. Pada malam harinya akan dilaksanakan pemutaran film dan pentas budaya,” paparnya

Dia melanjutkan, etape kedua menempuh jarak 21 km dan start dari Lapangan Kecil Desa Gununglurah Senin (9/11) dari Desa Gununglurah menuju Desa Rancamaya, Langgongsari, Pejogol, Kediri, Pangebatan, Karanglewas Kidul, Karanglewas Lor dan Finish Etape II di Monumen Pangsar Jenderal Sudirman. Ditempat finish ini semua peserta diwajibkan merayap sebagai kegiatan pamungkas.

“Malam harinya dilaksanakan sarasehan tentang kepahlwanan yang akan diisi dari TNI dan pelaku sejarah atau putra putrinya,” ujarnya

Suharjo menambahkan, pada hari terakhir, Selasa (10/11) peserta menyelesaikan Etape ke III dengan menempuh jarak 4 km dari Monumen Pangsar Sudirman menuju Alun-alun Purwokerto untuk mengikuti upacara Hari Pahlawan. “Usai kegiatan peserta mendapat tanda kenangan brevet pramuka Jelajah Rute Juang Yudha Prawira Kuswa 2015,” pungkasnya. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar