**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 19 Juli 2014

Kwarcab Pramuka Gelar Pentaloka Pembina

SLAWI - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal melalu Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) menggelar Penataran dan Lokakarya (Pentaloka) Pembina Pramuka, Kamis (17/7) di SMA Negeri 3 Slawi. Hal itu dilakukan sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia bagi para Pembina Pramuka dalam membina peserta didik di satuan dan pangkalannya masing-masing.

Ketua Kwartir Cabang Tegal melalui Wakil Ketua Pusdiklatcab, Joko Eko Pratomo M.Pd mengatakan, diterapkannya kurikulum 2013 pada tingkat satuan pendidikan yang mewajibkan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik menjadi tantangan yang berat bagi pelatih dan pembina Pramuka.

"Oleh karena itu, perlunya meningkatkan pendidikan dan latihan dalam Gerakan Pramuka  terutama bagi anggota dewasa Pramuka," katanya.

Dijelaskan, Pentaloka bagi Pembina Pramuka diikuti oleh Pembina dari perwakilan Kwartir Ranting (Kwarran), Satuan Karya (SAKA), Dinas Dikpora dan Kementrian Agama. "Pentaloka kali ini diikuti 20 pembina dan pelatih yang merupakan lanjutan dari Pentaloka pelatih yang digelar beberapa waktu lalu," akunya

Sementara itu salah satu Pelatih, Faizin S.Pd menuturkan Pentaloka menyajikan beberapa materi diantaranya tata cara Penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Lanjutan di lingkungan wilayah Kwartir Cabang Tegal.

"Diharapkan nantinya Pembina memiliki modal/bekal dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan baik KMD maupun KML," ujarnya.

Materi lain yang dikupas dalam Pentaloka yakni penyeragaman dan pengeluaran Surat Hak Bina bagi Pembina Pramuka di wilayah Kwartir Cabang Tegal. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar