**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 21 Juli 2014

Isi Ramadhan Dengan Pesantren Pramuka

BOJONG - Dalam rangka mengisi kegiatan bulan Suci Ramadhan 1435 H dan meningkatkan pendalaman spiritual bagi peserta didik, Gerakan Pramuka Gudep Tegal 18.03/18.04 pangkalan SMP Negeri 1 Bojong menggelar kegiatan yang bertajuk Pesantren Pramuka. Kegiatan berlangsung selama 2 mulai, Sabtu dan Minggu (19-20/7) di pangkalan sekolah setempat.

Pembina Gudep SMP 1 Bojong, Muhson S.Pd mengatakan pesantren Pramuka merupakan bentuk peningkatan pengamalan Dasadarma yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka SMP Negeri 1 Bojong sebagai wahana meningkatkan pendalaman spiritual dan keagamaan bagi peserta didik (pesdik) khususnya anggota Pramuka.

"Pesantren Pramuka merupakan kegiatan rutin di Gudep SMP 1 Bojong yang dilakukan setiap bulan romadhon dengan materi-materi keagamaan dan materi materi pramuka," katanya kemarin.

Menurut  Muhson, selain arena bagi siswanya untuk lebih mendalami materi - materi keagamaan, pesantren pramuka juga sekaligus dimanfaatkan sebagai media untuk uji kecakapan khusus (SKK) tingkat madya dan utama bidang keagamaan.

"Pesantren Pramuka juga kita manfaatkan untuk Uji SKK/TKK keagamaan, ini untuk pencapaian  Pramuka Garuda tahun ini," ujarnya.

Muhson memaparkan, kegiatan diisi dengan beragam materi kepramukaan dan keagamaan berupa tadarus, tausiah, serta solat mahgrib yang dilanjutkan dengan  buka bersama dan shalat tarawih berjamaah.

"Kegiatan juga diisi dengan tadarus, pencerahan keagamaan, dan materi-materi yang disampaikan oleh pembina SMP Negeri 1 Bojong. Selanjutnya pada pukul 03.00, peserta dibangunkan untuk mengikuti shalat malam dan sahur bersama," pungkasnya.

Kegiatan pesantren pramuka diikuti 102 pramuka yang berasal dari anggota Dewan Penggalang SMP Negeri 1 Bojong dan sejumlah alumni penggalang yang menambah makin semaraknya kegiatan pesantren  pramuka. (Admin/Hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar