**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Sabtu, 26 Januari 2019

415 Pramuka Saka Bahari Tegal Dilantik Danlanal


BALAPULANG - Sebanyak 415 Pramuka Saka Bahari dilantik Oleh Komandan Pangkalan TNI-AL (LANAL) Tegal Komandan Letkol Laut (P) Agus Haryanto S.E.,M.Tr.Hanla di Monumen Perjuangan TNI AL Kalibakung Wana Samudra Lanal Tegal Jl. Raya Yomani-Guci Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, Minggu (26/01).


Prosesi Pelantikan anggota Saka Bahari Lanal Tegal Tahun 2019 ini, dilaksanakan dengan Upacara yang berlangsung dengan penuh kekhidmatan, yang mana dalam upacara pelantikan tersebut Dan Lanal Tegal yang sekaligus menjadi Ketua Mabi Saka bertindak sebagai Pembina Upacaranya.

Dalam prosesi upacara kali ini pun turut disematkan pula brevet Saka Bahari kepada beberapa tokoh masyarakat yang dilantik menjadi warga kehormatan Saka Bahari Lanal Tegal, diantaranya Sekda Kab. Tegal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tegal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Tegal, Jajaran Pengurus Kwarcab Pramuka Tegal dan Jajaran Forkompincam Kec. Balapulang serta tiga orang Pelaku Sejarah dari Pejuang 45 ALRI

"Kepada adik-adik Saka Bahari yang saya banggakan marilah kita menggelorakan kembali semangat perjuangan seperti para pendahulu bangsa. Perjuangan dimasa sekarang bukan lagi perjuangan melawan penjajah seperti di masa lalu, tetapi perjuangan saat ini adalah bagaimana setiap anak bangsa ikut andil berperan dalam membangun Negara dan Bangsa dengan segala kemampuan yang dimiliki" Himbau Dan Lanal Tegal.

"Hal itu sejalan dengan cita-cita Negara kita Sebagai Poros maritim Dunia, yang mana bangsa Indonesia merupakan negara yang paling unik di dunia, karena 2/3 luas wilayah kita adalah lautan, yang terdiri 17.000 Pulau yang menghampar dilautan." Terangnya.

Menurutnya, untuk dapat memanfaatkan potensi kekayaan laut secara optimal, yang pertama kita harus mengubah mindset, bahwa kita adalah Bangsa Lautan, Bangsa Bahari yang mempunyai banyak sejarah historis dan jiwa bahari itulah yang kita dengungkan, serta jiwa maritim harus tertanam dalam sanubari kita dimanapun berada.

Selanjutnya para Saka Bahari yang baru dilantik ini, mendengarkan langsung penuturan kisah heroik perjuangan dan eksistensi para TKR Laut dalam melawan penjajah diseluruh wilayah eks karisedenan Pekalongan serta sejarah cikal bakal Monumen Perjuang TNI-AL Kalibakung, dari para pelaku sejarah yang tergabung dalam Corp Armada (CA)-IV ALRI Tegal dan dipandu oleh Komandan Lanal. (Admin)

Sumber : Pen Lanal Tegal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar