**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Jumat, 11 Agustus 2017

Peserta Rainas Dikukuhkan Menjadi Pramuka Garuda

SLAWI - Sebanyak 14 Penegak dan 1 Pandega yang tergabung dalam Kontingen Raimuna Nasional XI Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda. Penghargaan yang merupakan predikat tertinggi golongan Pramuka usia muda tersebut diberikan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal.

Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Sonhaji mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal, dokter Widodo Joko Mulyono, Jum'at (11/8) di Pendopo Pemkab Tegal. Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji Trisatya oleh calon Pramuka Garuda yang disaksikan Pengurus Kwarcab Tegal, Pembina Gudep dan orang tua peserta didik.

Menurut Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), Suharjo, S.Pd, Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

“Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda,” katanya.

Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan mengungkapkan, pengukuhan Pramuka Garuda yang diberikan kepada Empat Belas Pramuka Penegak dan satu Pandega berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Cabang Tegal Nomor 34 Tahun 2017.

"Penghargaan tertinggi Pramuka ini diberikan kepada 15 peserta didik (Pesdik) yang tergabung dalam Kontingen Raimuna Nasional 2017 Kabupaten Tegal," katanya

Mereka terdiri dari satu Pandega STIKes Bhamada Slawi, 3 Penegak SMA 1 Slawi, 2 Penegak SMA 2 Slawi, 2 Penegak SMA 3 Slawi, 1 Penegak SMA 1 Dukuhwaru, 1 Penegak SMA 1 Balapulang, 1 Penegak SMA NU Hasyim Tarub, 1 Penegak SMA 1 Kramat, 1 Penegak MA Mahadutholabah Lebaksiu, 1 Penegak MAN Babakan, 1 Penegak SMA 1 Kramat dan 1 Penegak SMA 1 Pangkah.

"Pasca dikukuhkan menjadi Pramuka Garuda diharapkan dapar menjadi teladan di sekolah maupun lingkungan masyarakat," pungkasnya. (Admin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar