**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 14 Mei 2013

Bupati Resmikan Sanggar Pramuka Slawi




SLAWI - Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum meresmikan penggunaan Sanggar Bakti Pramuka “Tunas Bangsa” Kwartir Ranting 11.28.08 Slawi yang berlokasi di komplek Kantor Kecamatan Slawi di Jalan HOS Cokroaminoto Slawi, Senin (13/5).

Peresmian diawali dengan pembukaan tirai papan nama Kwartir Ranting (Kwarran) dan penadatanganan prasasti oleh Bupati didampingi Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono M.Kes MMR, Camat Slawi, Abuseri SIP, Kepala UPTD Dikpora Kec. Slawi Drs Dirun, dan disaksikan Pejabat dari unsur Muspika Kecamatan Slawi, Kapolsek Slawi, Danramil Slawi, Kepala Puskesmas Slawi, jajaran Pengurus Kwarran Slawi, Kepala Sekolah selaku Ka Mabigus se Kwarran Slawi

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati dan istri, Dra Hj Suspriyati, MM yang juga mantan Camat Slawi dan diikuti rombongan dan undangan yang langsung melakukan peninjauan lokasi gedung sanggar Pramuka Slawi sembari menyaksikan sajian pameran foto.

Ketua Kwarran 11.28.08 Slawi, Drs. H. Achmad Dimyati menjelaskan pembangunan Sanggar Pramuka Slawi dimulai sejak bulan Maret tahun 2011 diatas tanah seluas 60 m2 dengan ukuran bangunan 12 x 5 meter dan dibiayai dengan dana dari sumbangan anggota Pramuka Slawi dan para Donatur.

“Peletakan batu pertama pada  8 Maret 2011oleh Ketua Kwarcab saat itu  yakni  H MujiAtmanto SH MM (Almarhum) bersama Camat Slawi kala itu ibu Dra Hj Suspriyanti MM,” katanya.

Dikatakannya, meskipun pembangunan sanggar secara resmi telah selesai sejak lama, namun panitia belum bisa melakukan finishing dan peresmian karena kendala masalah pendanaan. Sehingga berdampak pada beberapa kali penundaan acara peresmian yang rencaa akhir bakal digelar bersamaan dengan peringatan Hardiknas, 2 Mei 2013.

“Setelah mengalami beberapa kali penundaan, Alhamdulillah, Senin (13/5) Sanggar Bakti Pramuka “ Tunas Bangsa” Kwarran Slawi dapat diresmikan penggunaannya oleh Bapak Bupati Tegal, “ urainya.

Dimyati juga menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada para Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus se Kwarran Slawi yang telah memberikan bantuan sumbangan dana dari seluruh anggota dan Pembina se Kwarran Slawi sehingga pembangunan sanggar dapat dilaksanakan. Meskipun, kata Dimyati, masih banyak kekurangan dana sehingga terpaksa harus meminjam dari Koperasi.

“Dalam kesempatan ini, secara khusus saya sampaikan terimakasih kepada Kepala SMAN 3 Slawi, Kak Drs. Herbisono yang telah menyumbangkan 5 pasang meja dan kursi untuk kelengkapan sanggar Pramuka. Dan beliau juga berjanji akan kembali memberikan bantuan meja dan kursi sebanyak 10 pasang,” ujarnya.

Dimyati juga berharap dukungan dan bantuan para Kepala sekolah selaku Ketua Mabigus guna membantu kekurangan kelengkapan sarana dan prasarana Sanggar.

“Dengan diresmikannya Sanggar BaktiPramuka “ TunasBangsa” ini, kedepan kegiatan Pramuka akan lebih baik dan meningkat,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Tegal, HM Hery Soelistiyawan SH MHum mengatakan sebagai Kwartir Ranting (Kwarran) yang terletak di ibukota Kabupaten Tegal, sudah selayaknya Kwarran Slawi mempunyai sanggar pramuka yang memadai dan representative. Bupati meminta Sanggar Pramuka dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai pusat kegiatan Kepramukaan di wilayah Kwarran Slawi.

“Sanggar ini cukup penting, yakni untuk komunikasi pengurus kwarran dan sebagai tempat merencanakan kegiatan bagi adik-adik DKR” tegasnya.

Menurut Bupati, dengan diresmikannya Sanggar Pramuka Kwarran Slawi, maka semakin bertambah Kwarran di Kwarcab Tegal yang sudah mempunyai gedung sanggar sendiri dan  tidak lagi menggunakan gedung milik SD atau lainnya.

“Mudah-mudahan kedepannya makin banyak Kwarran yang mampu memiliki gedung sendiri seperti di kwarran Slawi ini,” ujar Bupati

Ditengah sambutannya, Bupati juga mengajak hadirin untuk memanjatkan doa untuk Almarhum H. Muji Atmanto SH. MM (mantan Ka Kwarcab Tegal) yang telah mendukung keberadaan Sanggar Pramuka Kwarran Slawi, bahkan beliau yang telah meletakkan batu pertamanya pada saat awal dibangunnya Sanggar Pramuka pada bulan Maret tahun 2011.

Dalam kesempatan tersebut,  Bupati Tegal memberikan bantuan dana sebesarRp. 3.500.000 untuk melengkapi sarana dan prasarana Sanggar Pramuka. Tak ketinggalan Ketua Kwarcab 11.28 Tegal juga memberikan bantuan dana untuk menutupi sebagian kekurangan dana dalam pembangunan Sanggar Pramuka Kwarran Slawi, yang diserahkan langsung oleh kepada Ketua Kwarran Slawi, Drs. H. Achmad Dimyati. (Admin/s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar