**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 01 Juli 2012

KMD Kwarran Slawi Berakhir

SLAWI - Kegiatan Kursus Mahir Pembina tingkat Dasar (KMD) hasil kerja bareng Gerakan Pramuka Kwarran 11.28.08 Slawi dan Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab 11.28 Tegal tahun 2012, yang diselenggakan selama 6 hari di SMP N 3 Slawi, Minggu (01/7) siang berakhir. Penutupan dilakukan langsung oleh Sekretaris Kwartir Cabang 11.28 Tegal, Prawoto SY mewakili Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal.

Penutupan yang digelar secara seremonial ini, dihadiri Kepala Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab 11.28 Tegal, H Ike Nahrawi, Ketua Kwarran 11.28.08 Slawi, Drs Ahmad Dimyati, Pengurus Pusdiklatcab beserta Pelatih cabang, Pengurus Kwaran Slawi dan sejumlah undangan

Dalam sambutannya, Sekretaris Kwarcab 11.28 Tegal, Prawoto SY yang mewakili Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono M.Kes,berpesan kepada para peserta KMD yang sudah mendapatkan pengetahuan tentang kepramukaan selama 6 hari, supaya dimanfaatkan dengan baik. Namun demikian, dengan hasil ilmu yang diperoleh dalam kursus tersebut, para peserta kursus pembina hendaknya tidak puas.

"Saya harap para peserta tidak cepat puas dengan ilmu yang diperoleh dalam KMD ini," tegasnya.

Menurut Prawoto, jika peserta sudah merasa puas dengan hasil / ilmu yang didapat dalam Kursus (KMD), maka dengan sendirinya akan berhenti untuk menggali ilmu tentang Kepramukaan.Namun, jika tidak merasa puas maka akan terus mengembangkan kemampuannya untuk menggali terus ilmu Kepramukaan.

"Kembangkan ilmu yang diperoleh dan terus gali Ilmu sebanyak-banyaknya," pesannya.

Pimpinan Kursus (Pinsus), Agus Prihanto, S.Pd dalam laporannya mengatakan dari jumlah peserta 32 orang pembina, 1 orang mengundurkan diri sejak awal kegiatan, sehingga peserta aktif dan dinyatakan berhasil lulus sebanyak 31 Pembina.

"Antusisme peserta sangat baik dan penuh semangat, dan peserta dinyatakan lulus 100 persen" jelasnya.

Agus berharap, pasca mengikuti kegiatan kursus para pembina diharapkan dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh di Gugusdepan (Gudep) pangkalan masing - masing.

"Semoga ilmu yang diperolah dapat diaplikasikan di Gudep masing-masing, sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan Pramuka," harapnya

Perwakilan Peserta Kursus, Panji Eka Prasetya saat menyampaikan kesannya mengungkapkan, awalnya dirinya dan peserta kursus sudah kenal apa itu Pramuka, namun belum memahami betul apa itu Pramuka. Namun dengan mengikuti KMD, jadi lebih memahami tentang Kepramukaan.

"Setelah mengikuti kursus, kami jadi tahu apa itu Pramuka. Ternyata Pramuka itu menyenangkan dan Pramuka luar biasa," ungkapnya.

Panji juga menyampaikan terimakasih kepada segenap Pelatih yang telah membimbing dan menularkan ilmu yang dimilikinya kepada peserta selama kursus berlangsung.

"Terimakasih yang tinggi kepada pelatih atas bimbingannya, semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat. Dan kami dapat menjalankan apa yang telah berikan oleh para pelatih," Pungkasnya. (Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar