**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Selasa, 24 Mei 2011

Pramuka Perlu Terapkan 4 Sehat 5 Sempurna

Adiwerna – Dalam pengelolaan dan pembinaan organisasi, Gerakan Pramuka baik ditingkat Kwartir maupun Gugus Depan (Gudep) perlu menerapkan 4 sehat 5 Lima Sempurna. 


 “4 Sehat 5 sempurna yang dimaksud bukanlah makanan (sayur, mayur, lauk pauk dan susu),” Ungkap Wakil Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal Bidang Organisasi dan Hukum, Drs. H. Agus Subagyo, MM saat Saresehan Temu Penegak di SMK Negeri 1 Adiwerna, Sabtu (21/5) kemarin.
Menurutnya, 4 sehat yang dimaksud yaitu pertama, sehat niat. Hal ini berarti dalam mengelola organisasi khususnya Pramuka hendaknya diniati dengan hati yang ikhlas penuh sukarela, tanpa pamrih. Yang kedua, sehat aktifitas, artinya aktifitas pekerjaan, aktifitas latihan dan kegiatan sehari – hari selalu dilaksanakan dengan baik.
“Niat yang ikhlas perlu dalam mengelola Pramuka, sesuai amsal kita ‘ikhlas bakti bina bangsa,” katanya.
Sehat yang ketiga, kata Agus, yaitu sehat manajemen, artinya dalam mengelola organisasi maupun kegiatan selalu dengan perencanaan yang baik. Sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai secara optimal.
“Dengan perencanaan yang baik, maka kegiatan yang kita laksanakan akan mencapai hasil yang maksimal,” tandasnya.
Masih kata Agus, Sehat yang keempat, yaitu sehat Jasmani dan rohani. Sehat yang terakhir atau sebagai penyempurna yaitu sehat do’a dan sholawat.  
“Tidak ada yang sulit, jika setiap usaha kita selalu dilandasi do’a dan sholawat,” pungkasnya. (s@n).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar