**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 23 Mei 2011

11 Gudep Penegak Meriahkan Latihan Gabungan



ADIWERNA – SEDIKITNYA Sebelas Gugus Depan (GUDEP) yang berpangkalan di Ambalan Penegak se Kwartir Cabang 11.28 Tegal ikut memeriahkan Latihan Gabungan (Latgab) tahun 2011. Kegiatan yang digagas oleh Ambalan Penegak SMK N 1 Adiwerna berlangsung selama 2 (dua) hari, dimulai Sabtu (21/5) dan berakhir Minggu, (22/5) di Pangkalan SMK Negeri 1 Adiwerna.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM, Sabtu (21/5). Dalam sambutannya mengatakan Pramuka Penegak sebagai kelompok anggota Pramuka Dewasa diharapkan dapat mengaplikasikan hasil latihan yang diikuti yaitu menjadi Pramuka yang mempunyai sikap religius, humanistik, patriotik dan nasionalistik. Bentuk kongkritnya, kata Muji, yaitu dengan menyatunya suasana religius dalam latihan bersama adalah dimulainya setiap kegiatan dengan berdo’a dan melaksanakan Ibadah sesuai dengan agama yang kita anut.
Selain juga Peduli akan apa yang ada dialam sekeliling kita, dan semua ciptaan Tuhan, patut kita lestarikan secara proporsional,” katanya.
Momentum latgab, imbuh Muji, juga hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membahas permasalahan dan hal-hal yang dirasa kurang benar dan kurang tepat, terkait Kepramukaan maupun lainnya.
Diskusikan dan pecahkan permasalahan manakala ada hal – hal yang dirasa kurang benar dan kurang tepat,” imbuhnya.
Ketua Panitia, Mukharom menjelaskan Latihan Gabungan merupakan sarana pertemuan anggota Pramuka Penegak untuk menggalang rasa tali persaudaraan, meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan kreatifitas Pramuka Penegak serta menambah pengalaman Pramuka penegak.
Lewat Latgab ini, diharapkan akan terjalin persaudaraan sesama Pramuka Penegak,” terangnya.
Selain itu, tambah Mukharom, lewat Latgab ini juga diharapkan dapat membentuk watak, sikap, dan perilaku Pramuka Penegak menjadi lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas anggota dapat meningkat.
Latgab diikuti 11 Pangkalan Penegak, dengan jumlah peserta sebanyak 330 Penegak,” Pungkasnya.
Dalam latihan Gabungan tersebut diisi berbagai kegiatan antara lain Saresehan bersama Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, Keorganisasian oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Tegal, Senam Pramuka dan Praktek Outbond yang dipandu oleh Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) Kwarcab 11.28 Tegal. (Hasan/humas Kwarcab).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar