**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Sabtu, 06 Agustus 2016

Kontingen Jamnas Kwarcab Tegal Dilepas

SLAWI - Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa,MHum melepas Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang akan mengikuti Jambore Nasional X tahun 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta tanggal 14-21 Agustus 2016.

Pelepasan Kontingen berlangsung Jum'at (5/8) di pelataran Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal. Hadir dalam kesempatan itu, anggota Mabicab, Pengurus Kwarcab Tegal, para Ketua kwarran, para Ketua Mabigus dan orang tua peserta.

Kontingen yang akan diberangkatkan pada Rabu (10/8) terdiri atas Pramuka Penggalang putra 16 orang, Penggalang putri 16 orang, pembina pendamping putra dua orang, pembina pendamping putri dua orang, pimpinan kontingen putra dua orang, dan pimpinan kontingen putri dua orang.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tegal, dokter H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM mengatakan, peserta Jamnas yang diberangkatkan merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan 17 April lalu. ”Guna persiapan keikutsertaan di Jambore Nasional, adik-adik calon peserta telah mengikuti pemusatan latihan (training centre) di Kwartir Cabang Tegal. Kegiatan itu diisi dengan pembekalan dan penyampaian berbagai macam teknik kepramukaan serta simulasi kegiatan yang akan dilaksanakan di Jambore Nasional,” terang Joko.

Dengan pemusatan latihan diharapkan peserta siap baik secara mental, fisik maupun keterampilan kepramukaannya dan beraktivitas di Jambore Nasional X 2016. Joko menyebutkan, Jamnas X dilaksanakan 14-21 Agustus 2016 di Buperta Cibubur, Jakarta.

“Pembukaan Jamnas X akan dilaksanakan bersamaan dengan upacara Peringatan Hari Pramuka ke-55 tingkat nasional yang akan diselenggarakan Minggu (14/8)pukul 15.00. Bertindak sebagai pembina upacara Presiden RI, Ir. Joko Widodo,” katanya
Ditutup Wapres

Adapun upacara penutupan dilaksanakan Sabtu (20/8) pukul 19.00. Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kegiatan Jamnas, papar Joko, diarahkan pada pengembangan sumber daya Pramuka di ranah spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisikal dengan pendekatan kegiatan yang edukatif, kreatif, rekreatif, produktuf, inovatif, kompetitif dan menantang.

Kegiatan dikelompokkan menjadi tujuh macam antara lain kegiatan umum, kegiatan perkemahan, kegiatan di luar perkemahan, wawasan, khusus (special event), kegiatan aggota dewasa diisi dengan gelang ajar dan lokakarya serta kegiatan protokol dan upacara berupa upacara Hari Pramuka dan Hari Proklamasi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa,MHum yang juga Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan pramuka Tegal berpesan kepada kontingen Kabupaten Tegal agar menjaga nama baik dan jati diri warga Tegal. Setidaknya selalu bersikap ramah dan peduli.

Pada pelepasan kontingen itu, Bagas memasangkan perlengkapan kontingen seperti jaket dan topi kepada perwakilan peserta, yakni Rahadianto Tri Wibowo siswa SMP 2 Adiwerna juara 3 Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwarda Jateng 2016 dan Hanun Ihda Asyhfia siswa SMP 1 Adiwerna, juara 2 Pramuka Garuda Berprestasi tingkat Kwarda Jateng 2016. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar