**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 16 April 2014

Ubaloka Tegal Bantu Korban Puting Beliung



SLAWI – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menerjunkan anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) untuk membantu korban puting beliung yang menimpa warga Dukuh Babakan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong. Dimana akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Senin (14/4) sore, mengakibatkan ratusan  rumah warga Pedukuhan Babakan, Tuwel rusak dan puluhan pohon tumbang.

Esok harinya, Selasa (15/4), sejumlah 20 orang Anggota Ubaloka Pramuka Kwarcab Tegal diterjunkan untuk membantu perbaikan rumah-rumah warga yang rusak. Mereka bersama bersama masyarakat dan tim SAR lainnya bahu-membahu memasang kembali atap yang rusak atau hilang.

“Selain itu, ada yang mendirikan dapur umum untuk warga dan membantu distribusi bantuan dari Dinsos,” ujar Andalan Abdimas Kwarcab Tegal, Slamet Sugiarto

Dikatakannya, pihak Kwarcab juga memberikan bantuan sejumlah uang kepada warga untuk membeli sejumlah kebutuhan yang mendesak seperti asbes / seng dan paku untuk perbaikan rumah warga.

“Ini sebagai bentuk kepedulian Pramuka dalam merespon bencana yang menimpa warga. Mudah-mudahan bermanfaat,” ungkapnya.

Sekretaris Humas Abdimas Kwarcab Tegal, Teguh Herdi Sancoyo S.Pd MM mengatakan Kwartir Cabang melalui kegiatan Pramuka Peduli siap merespon dan membantu masyarakat saat terjadi bencana maupun lainnya.

“Kita, anggota Pramuka siap ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan, sosial dan bencana bersama dengan unsur SAR lainnya,” tuturnya

Dirinya berharap, peran serta Pramuka dapat membantu masyarakat yang sedang tertimpa musibah dan bencana.

“Meski hanya membantu tenaga, mudah-mudahan Pramuka bisa bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya

Sementara itu, data yang di himpun di posko induk Desa Tuwel tercatat 10 rumah rusak berat dan 173 rusak sedang. Sedangkan di Desa karang Mulya 6 rumah rusak berat, 17 rumah rusak sedang dan di desa Kedawung 24 rusak sedang. (Humas Kwarcab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar