**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Kamis, 22 Mei 2014

Kontingen Jambore Perti Kalpataru Dilepas

SLAWI - Sebanyak 11 anggota Pramuka terdiri dari Penegak, Pandega dan Pembina yang tergabung dalam kontingen Jambore Lingkungan Perti Kalpataru Kwartir Cabang Tegal Binaan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal dilepas keberangkatannya oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MM di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Tegal, Rabu (21/5) sore.

Kontingen tersebut akan mengikuti Jambore Lingkungan Perti Kalpataru tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah yang dilaksanakan mulai Kamis (22/5) hingga Minggu (25/5) di Puskepram Candra Birawa, Gunungpati, Kota Semarang.

Turut hadir Pinsaka Kalpataru Pangkalan BLH Kab. Tegal, Pengurus Kwarcab Tegal, Pembina Pendamping dan Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Tegal.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR dalam sambutan pelepasan mengatakan, Jambore Lingkungan Perti Kalpataru merupakan alat pembinaan bagi Pramuka Penegak Pandega dalam bentuk perkemahan yang diikuti oleh anggota Saka Kalpataru se Jawa Tengah.

"Kegiatan digelar dalam rangka integrasi Pramuka dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagaimana tersirat dalam Trisatya dan Dasadharma Pramuka," ujarnya.

Menurut dr Djoko, Jambore ini penting artinya bagi Pramuka Penegak Pandega sebagai wujud kepedulian dan pengabdian Pramuka kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan yakni giat bakti dan giat prestasi. Oleh karenanya, saya harap kontingen akan membawa nama baik Kabupaten Tegal," pintanya.

Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Tegal, Drs H Agus Subagyo MM selaku Ketua Mabisaka Kalpataru menjelaskan BLH selaku instansi yang menaungi Saka Kalpataru bersama Kwarcab Tegal mengirimkan 11 anggota Pramuka yang terdiri dari 4 peserta Putra, 4 peserta Putri, 2 orang Pendamping dan 1 Pimpinan Kontingen dalam ajang Jambore Lingkungan Perti Kalpataru Jawa Tengah.

"Peserta dari Pramuka Penegak setara SLTA, Pinkon berasal dari anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) dan pendamping dari unsur Kwarcab dan Pamong Saka," paparnya.

Dirinya berharap, kontingen Kabupaten Tegal mampu berprestasi dan membawa nama baik Kabupaten Tegal ditingkat Jawa Tengah serta dapat mengembangkan kegiatan yang diperoleh di Kwarcab Tegal dan pangkalannya.

"Ikuti kegiatan dengan baik, dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan sehingga mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dan hasilnya dapat dipraktekan di Cabang maupun pangkalannya," pungkas Agus yang juga menjabat Wakil Ketua Kwarcab Tegal. (s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar