**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 26 Februari 2018

Kasek SD/MI Kwarran Adiwerna Ikuti KOS


ADIWERNA – Sejumlah Kepala SD/MI yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) Gerakan Pramuka mengikuti kursus orientasi singkat (KOS) di SMK N 2 Adiwerna, Kabupaten Tegal, Minggu (25/2) lalu.

Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Adiwerna Wakhidin Karirim, mengungkapkan, bahwa para kepala sekolah merupakan sosok kunci yang memegang peranan penting dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di setiap pangkalan sekolah/madrasah.

“Peran tersebut yakni berupa dukungan agar kegiatan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter generasi bisa berjalan dengan eksis. Kegiatan semacam ini harus berkelanjutan bila perlu dalam  satu tahun dua kegiatan Kursus Orientasi dan Karang Pamitran,” ujar Wakhidin saat membuka acara

Ia berharap, kegiatan Kursus Orientasi Mabigus tersebut dapat memberikan pemahaman dan bermanfaat bagi para kepala sekolah selaku ketua mabigus. Apalagi, menurutnya,  peserta didik usia SD/MI merupakan generasi penerus yang diharapkan bisa menjadi pemimpin bangsa berkarakter kuat.

“Dengan Kursus Orientasi  ini, harapannya pemahaman tentang fungsi Mabigus akan meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di sekolah maupun generasi muda,” imbuhnya.

Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Adiwerna Nuranto melalui Panitia Kursus, Budi Prawiro mengatakan, kegiatan Kursus Orientasi Mabigus digelar atas kerja sama Kwarran Adiwerna  dengan Pusdiklatcab Dewaruci Kwarcab Tegal.

“Kursus diikuti 59 peserta dari unsur Kepala Mabigus SD/MI se-Kecamatan Adiwerna. Dalam kegiatan itu sejumlah materi disampaikan antara lain tugas dan tanggung jawab mabigus, kepramukaan dan lainnya,” pungkasnya.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Tegal Joko Eko Pratomo, Pelatih Siaga Makmuri dan pengurus Kwarran Adiwerna. (CJ1128)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar